Detail Cantuman

No image available for this title

Text  

3607-Evaluasi Tingkat Kesembuhan Pasien Tuberkulosis Multi Drug Resistant di RSUP Dr. Hasan Sadikin (Irma Rahayu Latarissa; Dika Pramita Destiani,M.Farm; Rano Kurnia Sinuraya, M.KM)


Tuberkulosis (TB) masih menjadi masalah kesehatan utama di dunia.Tingginya prevalensi tuberkulosis menyebabkan penggunaan terapi antibiotik yang ...

  • CodeCallNoLokasiKetersediaan
    FFUP201701833607Tersedia
  • Perpustakaan
    Fakultas Farmasi
    Judul Seri
    -
    No. Panggil
    3607
    Penerbit Fakultas Farmasi Universitas Padjadjaran : Jatinangor.,
    Deskripsi Fisik
    -
    Bahasa
    Indonesia
    ISBN/ISSN
    -
    Klasifikasi
    3607
    Tipe Isi
    -
    Tipe Media
    -
    Tipe Pembawa
    -
    Edisi
    -
    Subyek
    -
    Info Detil Spesifik
    -
    Pernyataan Tanggungjawab
  • Tuberkulosis (TB) masih menjadi masalah kesehatan utama di dunia.Tingginya prevalensi tuberkulosis menyebabkan penggunaan terapi antibiotik yang meningkat sehingga timbul berbagai permasalahan berkaitan dengan penggunaan antibiotik, salah satunya yaitu tuberkulosis resistensi ganda (Multi Drug Resistant). Di Indonesia, pada tahun 2013 angka kesembuhan Tuberkulosis Multi Drug Resistant (TB MDR) masih rendah yaitu 51%. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kesembuhan pasien TB MDR di RSUP Dr. Hasan Sadikin periode 2012-2014 serta untuk mengetahui pemetaan paparan TB MDR di Jawa Barat periode 2012-2016. Penelitian ini merupakan penelitian retrospektif dengan desain penelitian cross sectional. Dari hasil penelitian didapatkan angka kesembuhan pasien pada tahun 2012 sebesar 51,92%; tahun 2013 sebesar 48,76%; dan tahun 2014 sebesar 48,17%. Secara keseluruhan angka kesembuhan dari tahun 2012-2014 yaitu sebesar 49,03%. Kota/kabupaten dengan beban TB MDR terbanyak di Jawa Barat yaitu Kota Bandung dengan jumlah pasien sebanyak 149 orang. Kecamatan dengan beban TB MDR terbanyak di Jawa Barat yaitu Kecamatan Andir dengan jumlah pasien 18 orang. Dapat disimpulkan bahwa tingkat kesembuhan pasien TB MDR di RSUP Dr. Hasan Sadikin masih rendah sehingga perlu dilakukan berbagai evaluasi.

    Kata kunci: Tuberkulosis Multi Drug Resistant (TB MDR), angka kesembuhan, pemetaan, kecamatan Andir.
  • Tidak tersedia versi lain

  • Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.


Informasi