Detail Cantuman

No image available for this title

Text  

T73-Pengembangan Formulasi Sediaan Gel dari Ekstrak Herba Seledri (Apium graveolen L.) dan Daun Mangkokan (Nothopanax scutellarius Merr) Terhadap Pertumbuhan Rambut Kelinci Putih (Diah Wardani; Dr. Marline Abdassah, MS; Dr. Yasmiwar Susilawati, M.Si; Prof. Dr. Anas Subarnas, M.Sc)


Herba Seledri (Apium graveolen L.) dan daun mangkokan (Nothopanax scutellarius Merr.) diketahui dapat mempercepat pertumbuhan rambut kelinci, dan ...

  • CodeCallNoLokasiKetersediaan
    FFUP20170195T73Tersedia
  • Perpustakaan
    Fakultas Farmasi
    Judul Seri
    -
    No. Panggil
    T73
    Penerbit Fakultas Farmasi Universitas Padjadjaran : .,
    Deskripsi Fisik
    -
    Bahasa
    Indonesia
    ISBN/ISSN
    -
    Klasifikasi
    T73
    Tipe Isi
    -
    Tipe Media
    -
    Tipe Pembawa
    -
    Edisi
    -
    Subyek
    -
    Info Detil Spesifik
    -
    Pernyataan Tanggungjawab
  • Herba Seledri (Apium graveolen L.) dan daun mangkokan (Nothopanax scutellarius Merr.) diketahui dapat mempercepat pertumbuhan rambut kelinci, dan aktivitas yang linear dengan ketentuan penumbuh rambut atau sediaan yang tersedia di pasar. Penelitian ini bertujuan untuk menguji aktivitas pertumbuhan rambut masing-masing ekstrak, kombinasi ekstrak, dan formulasi gel kombinasi ekstrak, yang dibuat menggunakan DMSO sebagai zat penetrasi kulit. Kedua ekstrak diperoleh dengan metode maserasi menggunakan etanol 96%, dan uji aktivitas dilakukan pada konsentrasi ekstrak tunggal 2,5%, 5%, dan 7,5%.Konsentrasi kombinasi ekstrak herba seledri dan daun mangkokan yang digunakan terdiri dari 7,5:7,5, 7,5:15, 15:7,5, dan 15:15. Minoxidil yang dikenal sebagai penumbuh rambut digunakan sebagai standar pada konsentrasi 5%. Uji aktivitas dilakukan dengan mengaplikasikan ekstrak pada bagian punggung kelinci setelah dibersihkan dari rambut setiap dua kali sehari di pagi dan sore hari selama 28 hari. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kombinasi ekstak herba seledri dan ekstrak daun mangkokan pada ke empat rasio di atas memiliki aktivitas lebih baik daripada ekstrak tunggal dan sediaan penumbuh rambut di pasaran. Kombinasi dari ekstrak herba seledri dan daun mangkokan pada rasio konsentrasi 7,5: 15% menunjukkan aktivitas terbaik. Gel dari kombinasi ekstrak pada rasio konsentrasi 7,5: 15% memiliki aktivitas lebih cepat dalam merangsang pertumbuhan rambut dibandingkan dengan minoxidil 5 %. Pengamatan Iritasi dan odema tidak menunjukkan iritasi dan odema di punggung kelinci dengan konsentrasi DMSO 5%.
    Kata kunci : Penumbuh rambut, ekstrak, DMSO, gel
  • Tidak tersedia versi lain

  • Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.


Informasi