Detail Cantuman

No image available for this title

Text  

3627-Aktivitas Antibakteri Ekstrak Etanol Bawang Dayak (Eleutherine palmifolia (L.) Merr) Terhadap Bakteri Shigella dysenteriae dan Bacillus cereus (Iman Firmansyah; Dudi Runadi, M.Si; Imam Adi Wicaksono, M.Si)


Diare merupakan salah satu penyakit umum yang menimpa negara maju maupun negara berkembang. Di Indonesia, diare termasuk salah satu penyakit ...

  • CodeCallNoLokasiKetersediaan
    FFUP201702163627Tersedia
  • Perpustakaan
    Fakultas Farmasi
    Judul Seri
    -
    No. Panggil
    3627
    Penerbit Fakultas Farmasi Universitas Padjadjaran : Jatinangor.,
    Deskripsi Fisik
    -
    Bahasa
    Indonesia
    ISBN/ISSN
    -
    Klasifikasi
    3627
    Tipe Isi
    -
    Tipe Media
    -
    Tipe Pembawa
    -
    Edisi
    -
    Subyek
    -
    Info Detil Spesifik
    -
    Pernyataan Tanggungjawab
  • Diare merupakan salah satu penyakit umum yang menimpa negara maju maupun negara berkembang. Di Indonesia, diare termasuk salah satu penyakit masyarakat yang utama dengan angka kematian yang cukup tinggi yaitu 2,47%. Bawang dayak (Eleutherine palmifolia (L.) Merr) merupakan salah satu tanaman yang banyak tumbuh di Pulau Kalimantan dan digunakan sebagai bahan obat – obatan. Penelitian ini bertujuan untuk mencariantibakteri dari bahan alam yang disebabkan oleh bakteri Shigella dysenteriae dan Bacillus cereus penyebab diare. Pengujian aktivitas antibakteri dilakukan dengan metode difusi agar dan nilai KHTM dan KBM ditentukan dengan metode pengenceran tabung. Hasil uji menunjukkan bahwa ekstrak etanol bawang dayak memiliki aktivitas antibakteri terhadap bakteri S.dysenteriae dan B.cereus. Ekstrak etanol bawang dayak terhadap S.dysenteriae memiliki nilai KHTM dan KBM pada rentang 12% (b/v) – 14% (b/v). Sedangkan ekstrak etanol bawang dayak terhadap bakteri B.cereus memiliki nilai KHTM dan KBM pada rentang 1,25% (b/v) – 2,5% (b/v).Penapisan fitokimia menunjukkan bahwa ekstrak bawang dayak (Eleutherine palmifolia (L.) Merr) mengandung senyawa alkaloid, monoterpen & seskuiterpen, steroid, flavonoid, polifenol, dan kuinon.

    Kata Kunci : Aktivitas Antibakteri,Eleutherine palmifolia (L.) Merr,Shigella dysenteriae, Bacillus cereus, Konsentrasi Hambat Tumbuh Minimum (KHTM) dan Konsentrasi Bunuh Minimum (KBM)
  • Tidak tersedia versi lain

  • Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.


Informasi