Detail Cantuman

No image available for this title

Text  

T82-Uji Stabilitas Sediaan Gel Steril Sonohisterosalpingografi Berbasis Hidroksipropil Selulosa dan Uji Potensi Iritasi Secara In vivo Pada Kelinci Galur New Zealand (Mirani Pertiwi Rahmah; Dr. Marline Abdassah, MS; Rizky Abdullah, Ph.D; Dian Tjahyadi, dr., Sp.,OG (K))


Evaluasi tuba merupakan komponen penting dalam penatalaksanaan infertilitas. Sonohisterosalpingografi adalah suatu teknik pemeriksaan saluran ...

  • CodeCallNoLokasiKetersediaan
    FFUP20170220T82Tersedia
  • Perpustakaan
    Fakultas Farmasi
    Judul Seri
    -
    No. Panggil
    T82
    Penerbit Fakultas Farmasi Universitas Padjadjaran : Jatinangor.,
    Deskripsi Fisik
    -
    Bahasa
    Indonesia
    ISBN/ISSN
    -
    Klasifikasi
    T82
    Tipe Isi
    -
    Tipe Media
    -
    Tipe Pembawa
    -
    Edisi
    -
    Subyek
    -
    Info Detil Spesifik
    -
    Pernyataan Tanggungjawab
  • Evaluasi tuba merupakan komponen penting dalam penatalaksanaan infertilitas. Sonohisterosalpingografi adalah suatu teknik pemeriksaan saluran reproduksi untuk evaluasi patensi tuba dengan menggunakan bantuan ultrasonografi. Pemeriksaan ini membutuhkan sediaan gel steril sebagai media kontras pembentuk distensi kavum uteri yang stabil dan tidak menimbulkan iritasi pada mukosa vagina dan uterus. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui stabilitas dan sterilitas sediaan gel steril pada pengujian stabilitas fisik sediaan gel steril dan mengetahui potensi iritasi sediaan gel steril sonohisterosalpingografi berbasis hidroksipropil selulosa secara in-vivo pada kelinci galur New Zealand. Metode yang digunakan adalah eksperimental laboratorik dengan tahapan persiapan alat dan bahan, preparasi sediaan gel steril, pengujian stabilitas fisik sediaan gel steril yang meliputi organoleptis, pH, dan viskositas, pengujian sterilitas sediaan gel steril selama masa pengujian stabilitas, pengujian potensi iritasi sediaan gel steril pada mukosa vagina dan uterus kelinci galur New Zealand dan analisis data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sediaan gel steril stabil pada suhu penyimpanan 28±2 oC hingga 4±2 oC selama 14 minggu penyimpanan dan steril pada masa pengujian stabilitas. Pengujiaan potensi iritasi sediaan gel steril sonohisterosalpingografi berbasis hidroksipropil selulosa secara in-vivo pada kelinci galur New Zealand yang diukur menggunakan nilai indeks iritasi secara mikroskopik terhadap reaksi jaringan vagina dan uterus kelinci menunjukan hasil bukan iritan (none).

    Kata kunci : Gel Steril, Sonohisterosalpingografi, Hidroksipropil Selulosa, Stabilitas, Iritasi Vagina, Iritasi Uterus.
  • Tidak tersedia versi lain

  • Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.


Informasi