Detail Cantuman

No image available for this title

Text  

3634- Identifikasi Medication Prescribing Error Pada Pasien di Instalasi Intensive Care Unit (ICU) Rumah Sakit Khusus Ibu dan Anak Kota Bandung (Umrohtin; Irma Melyani Puspita, Ph.D; Dra. Sri Hartini, M.Si., Apt.)


Medication error merupakan salah satu masalah kesehatan yang masihmenjadi perhatian khususnya di instalasiintensive care unit (ICU). Berdasarkan ...

  • CodeCallNoLokasiKetersediaan
    FFUP201706733634Tersedia
  • Perpustakaan
    Fakultas Farmasi
    Judul Seri
    -
    No. Panggil
    3634
    Penerbit Fakultas Farmasi Universitas Padjadjaran : Jatinangor.,
    Deskripsi Fisik
    -
    Bahasa
    Indonesia
    ISBN/ISSN
    -
    Klasifikasi
    3634
    Tipe Isi
    -
    Tipe Media
    -
    Tipe Pembawa
    -
    Edisi
    -
    Subyek
    -
    Info Detil Spesifik
    -
    Pernyataan Tanggungjawab
  • Medication error merupakan salah satu masalah kesehatan yang masihmenjadi perhatian khususnya di instalasiintensive care unit (ICU). Berdasarkan beberapa studi yang telah dilakukan kejadian medication prscribing error di ICU masih menjadi masalah utama. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui, golongan obat tertinggi yang digunakan,pravelensi medication prescribing error, dan juga golongan obat dengan jumlah prescribing errorterbanyak pada pasien di ICU Rumah Sakit Khusus Ibu dan Anak Kota Bandung Periode Januari-Desember 2016. Penelitian ini merupakan penelitian observasi deskriptif yang dilakukan secara retrospektif dengan pendekatan cross-sectional menggunakandata rekam medik pasien ICU. Sebanyak 161 resep dari 64 pasien yang masuk ke dalam kriteria inklusi penelitian. Hasil yang didapatkan yaitu penggunaan obat terbanyak yaitu golongan antibiotik sebesar 251 pemakaian. Angka kejadian prescribing errordiperoleh sebanyak 857 kasus, dengan kategori yang paling banyak terjadi yaitu kategori kelalaian sebesar663 kasus (77.37%), kesalahan kombinasi 179 kasus (20.88%), ketidaktepatan dosis 9 kasus (1.05%), Kesalahan aturan pakai 4kasus (0.47%) dan Kesalahan indikasi 2 kasus (0.23%). Golongan obat dengan jumlah error paling banyak yaitu antihipertensi 178 kasus (21.63%). Angka kejadian prescribing error pada pasien di ICU masih banyak terjadi sehingga perlu adanya perhatian lebih pada masalah ini untuk meminimalisir terjadinya error.
    Kata kunci : medication error,Prescribing error, ICU
  • Tidak tersedia versi lain

  • Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.


Informasi