Detail Cantuman

No image available for this title

Text  

3671- Formulasi Coklat Herbal Dengan Karagenan Sebagai Stabilizer (Rania Adrieza; Dr.rer.nat Anis Y. Chaerunisaa, M.Si; Ihya Nurul Islam, M.Si)


Coklat herbal merupakan produk yang dibuat untuk menutupi rasa herbal yang pahit. Coklat umumnya tidak tahan panas, mengalami pemisahan minyak, dan ...

  • CodeCallNoLokasiKetersediaan
    FFUP201800103671Tersedia
  • Perpustakaan
    Fakultas Farmasi
    Judul Seri
    -
    No. Panggil
    3671
    Penerbit Fakultas Farmasi Universitas Padjadjaran : Jatinangor.,
    Deskripsi Fisik
    -
    Bahasa
    Indonesia
    ISBN/ISSN
    -
    Klasifikasi
    3671
    Tipe Isi
    -
    Tipe Media
    -
    Tipe Pembawa
    -
    Edisi
    -
    Subyek
    -
    Info Detil Spesifik
    -
    Pernyataan Tanggungjawab
  • Coklat herbal merupakan produk yang dibuat untuk menutupi rasa herbal yang pahit. Coklat umumnya tidak tahan panas, mengalami pemisahan minyak, dan perubahan kristalisasi. Penambahan karagenan sebagai stabilizer dibutuhkan untuk mengatasi masalah tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh karagenan sebagai stabilizer terhadap sifat fisik coklat herbal dan mengetahui formula yang optimal terhadap penutupan rasa ekstrak herbal yang digunakan. Dalam penelitian ini dilakukan optimasi karagenan dengan variasi konsentrasi 1% (F1), 1,2% (F2), dan 1,4% (F3). Optimasi dilakukan berdasarkan evaluasi fisik. Formulasi coklat herbal dilakukan dengan menggunakan konsentrasi karagenan 1,4% dan variasi konsentrasi herbal jahe 2% (F3A), temulawak 2% (F3B), dan sambiloto 0,5% (F3C). Evaluasi terhadap sediaan meliputi uji kekerasan, uji titik leleh, dan uji hedonik. Hasil optimasi menunjukkan konsentrasi karagenan 1,4% memiliki nilai kekerasan dan titik leleh paling tinggi yaitu sebesar 4830,402 g.Force dan 39◦C. Uji hedonik menunjukkan formula yang optimal adalah F3A, yaitu coklat dengan karagenan 1,4% dan jahe 2%. Hasil evaluasi formula ini menunjukkan nilai kekerasan sebesar 4825,975 g.Force dan titik leleh sebesar 35◦C.
    Kata kunci: Karagenan, coklat, penstabil, herbal, hedonik
  • Tidak tersedia versi lain

  • Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.


Informasi