Detail Cantuman

No image available for this title

Text  

T219- Kajian Pustaka Aplikasi dan Faktor Yang Mempengaruhi Performa Imprinted Monolitik Kolom (Belya Anindia Hermawan; Dr. Aliya Nur Hasanah, M.Si; Mutakin, M.Si., Ph.D)


Telah dilakukan penulisan dua manuskrip ulasan artikel dengan judul (1) Drug Abuse Analysis Using High Performance Liquid Chromatography With ...

  • CodeCallNoLokasiKetersediaan
    FFUP20200202T219Tersedia
  • Perpustakaan
    Fakultas Farmasi
    Judul Seri
    -
    No. Panggil
    T219
    Penerbit Fakultas Farmasi Universitas Padjadjaran : Jatinangor.,
    Deskripsi Fisik
    -
    Bahasa
    Indonesia
    ISBN/ISSN
    -
    Klasifikasi
    T219
    Tipe Isi
    -
    Tipe Media
    -
    Tipe Pembawa
    -
    Edisi
    -
    Subyek
    -
    Info Detil Spesifik
    -
    Pernyataan Tanggungjawab
  • Telah dilakukan penulisan dua manuskrip ulasan artikel dengan judul (1) Drug Abuse Analysis Using High Performance Liquid Chromatography With Monolithic Column – A Reviewdan (2) Role of Porogenic Solvent Type on Monolithic Imprinted Column.

    Manuskrip pertama berjudul Drug Abuse Analysis Using High Performance Liquid Chromatography With Monolithic Column – A Reviewtelah dipublikasikan di jurnal internasional Drug Invention Today (DIT) terindeks Q4-Scopus pada tanggal 15 Desember2019http://jprsolution.info/article_detail.php?article_id=4518. Ulasan artikel ini membahas tentang analisisobat-obat yang sering disalahgunakan, dimana penyalahgunaan obat ini menjadi salah satu permasalahan besar bagi pemerintah di seluruh dunia.Berdasarkan banyaknya kasus penyalahgunaan obat-obatan maka diperlukan analisis guna memonitor kadarnya dalam tubuh.Beberapa metode telah dikembangkan dan yang paling sering digunakan secara luas adalah metode analisis menggunakan Kromatografi Cair Kinerja Tinggi (KCKT).Aplikasi metode KCKT memungkinkan untuk analisis yang cepat dengan biaya relatif terjangkau.Awalnya, kolom partikel digunakan sebagai fase diam KCKT untuk analisis berbagai komponen.Namun, karena adanya masalah pada tekanan balik yang tinggi, kolom monolit digunakan sebagai pengganti dari kolom partikel konvensional.Pada artikel review dibahas terkait aplikasi dari berbagai jenis kolom monolit seperti monolit silika, hibrida, dan polimer, dalam menganalisis obat-obatan yang sering disalahgunakan. Kolom monolit digunakan untuk pemisahan substansi obat-obat yang disalahgunakan dari matriks pembawanya. Berdasarkan penelitian-penelitian yang telah dilakukan, kolom monolit menunjukkan hasil analisis yang lebih baik dibanding kolom partikel konvensional diantaranya menghasilkan selektivitas yang tinggi, biaya relatif terjangkau, preparasi yang mudah dan sederhana, dan juga tekanan balik yang dihasilkan minimal.
    Manuskrip ulasan kedua berjudul Role of Porogenic Solvent Type on Monolithic Imprinted Columntelahdisubmit di jurnal internasional terindeks Q2-Scopus yaitu Chemical and Pharmaceutical Bulletinhttps://www.jstage.jst.go.jp/browse/cpb/_pubinfo/-char/en.Ulasan artikel ini membahas tentang faktor yang mempengaruhi performa kolom monolit imprinted. Beberapa faktor yang dapat mempengaruhi kualitas kolom monolit imprinted yang dihasilkan selain tekanan balik dan kondisi pada saat sintesis, juga sifat dari fase diam itu sendiri. Sifat dari kolom monolit imprintedsalah satunya dipengaruhi oleh pori yang menyusun polimer di dalam kolom. Struktur dan morfologi pori penyusun polimer dipengaruhi oleh porogen, sehinggapemilihan porogen harus diperhatikan. Porogen harus mampu melarutkan seluruh komponen penyusun polimer dan harus menyediakan luas area yang cukup untuk memfasilitasi aliran fase gerak. Porogen dengan tingkat polaritas berbeda serta penggunaan kombinasi lebih dari satu porogen dapat mempengaruhi struktur pori yang terbentuk dan performa kolom yang dihasilkan.Dalam ulasan artikel ini dibahas lebih jauh mengenai peran porogen terhadap performa kolom monolit impinted, baik yang bersifat polar, nonpolar, penggunaan porogen tunggal dan campuran, serta aplikasinya.
    Kata Kunci:Analisis penyalahgunaan obat, kolom monolit, kolom monolit polimer, kolom monolit silika, kolom monolit hibrida, porogen, polimer imprinted, performa
  • Tidak tersedia versi lain

  • Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.


Informasi