Detail Cantuman

No image available for this title

Text  

4349- Aktivitas Antihipertensi Ekstrak Etanol Biji Salak (Salacca edulis Rienw.) Pada Tikus Putih Jantan Galur Wistar Dengan Metode Non Invasive Blood Pressure (Eliza Triananda; Ellin Febrina, M.Si; Ami Tjitraresmi, M.Si)


Diuretik merupakan salah satu obat terapi untuk hipertensi. Biji salak (Salacca eduli Rienw), menurut penelitian yang dilakukan, mempunyai efek ...

  • CodeCallNoLokasiKetersediaan
    FFUP202202194349Tersedia
  • Perpustakaan
    Fakultas Farmasi
    Judul Seri
    -
    No. Panggil
    4349
    Penerbit Fakultas Farmasi Universitas Padjadjaran : Jatinangor.,
    Deskripsi Fisik
    -
    Bahasa
    Indonesia
    ISBN/ISSN
    -
    Klasifikasi
    4349
    Tipe Isi
    -
    Tipe Media
    -
    Tipe Pembawa
    -
    Edisi
    -
    Subyek
    -
    Info Detil Spesifik
    -
    Pernyataan Tanggungjawab
  • Diuretik merupakan salah satu obat terapi untuk hipertensi. Biji salak (Salacca eduli Rienw), menurut penelitian yang dilakukan, mempunyai efek diuretik.. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas antihipertensi dari ekstrak biji salak yang diperoleh dengan cara ekstraksi menggunakan maserasi dengan pelarut etanol. Pengujian aktivitas antihipertensi dilakukan pada tikus putih jantan galur Wistar menggunakan metode tidak langsung. Tikus diinduksi terlebih dahulu dengan pemberian NaCl 3% untuk mencapai keadaan hipertensi. Dosis uji untuk tiap kelompok adalah 140 mg/kg BB, 280 mg/KgBB, 350 mg/KgBB dan digunakan hidroklorotiazid sebagai pembanding positif dengan dosis 4,5 mg/kg BB. Aktivitas antihipertensi diukur menggunakan seperangkat alat pengukur tekanan darah. Pemberian secara oral ekstrak etanol menunjukkan aktivitas penurunan tekanan darah sistol berturut-turut sebesar -10%, 14% dan 13%, dan penurunan tekanan darah diastol berturu-turut sebesar -10%, 11% dan 6%.

    Kata kunci: Salacca eduli Rienw., salak, antihipertensi
  • Tidak tersedia versi lain

  • Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.


Informasi