Detail Cantuman

No image available for this title

Text  

4354- Uji Sitotoksisitas Kombinasi Cisplatin Dengan Polietilen Imina Linier BM 2.500 dan 5.000 Terhadap Lini Sel Kanker Payudara MCF-7 (Pungki Afifah Asyraf; Riezki Amalia, M.S., Ph.D; Melisa Intan B., Dr. Med. Sc)


Kanker payudara menjadi kanker yang paling sering didiagnosis dengan perkiraan sekitar 2,3 juta kasus pada tahun 2020. Salah satu terapi antikanker ...

  • CodeCallNoLokasiKetersediaan
    FFUP202300054354Tersedia
  • Perpustakaan
    Fakultas Farmasi
    Judul Seri
    -
    No. Panggil
    4354
    Penerbit Fakultas Farmasi Universitas Padjadjaran : Jatinangor.,
    Deskripsi Fisik
    -
    Bahasa
    Indonesia
    ISBN/ISSN
    -
    Klasifikasi
    4354
    Tipe Isi
    -
    Tipe Media
    -
    Tipe Pembawa
    -
    Edisi
    -
    Subyek
    -
    Info Detil Spesifik
    -
    Pernyataan Tanggungjawab
  • Kanker payudara menjadi kanker yang paling sering didiagnosis dengan perkiraan sekitar 2,3 juta kasus pada tahun 2020. Salah satu terapi antikanker melalui mekanisme interaksi dengan DNA adalah cisplatin. Dalam prosesnya, internalisasi cisplatin ke inti sel mengalami penghambatan yang menyebabkan penurunan akumulasi cisplatin yang bisa berinteraksi dengan DNA. Untuk mengatasi hal ini, telah banyak dilakukan studi pengembangan strategi pengiriman obat, salah satunya adalah enkapsulasi dalam partikel nano atau nanocarriers. Salah satu polimer kationik yang banyak digunakan pada sistem penghantaran gen dan antikanker adalah polietilen imina (PEI). Penelitian ini merupakan studi pendahuluan efektivitas penghantaran antikanker melalui kombinasi cisplatin dan PEI BM 2.500 dan 5.000. Hasil uji sitotoksisitas menunjukkan bahwa kombinasi cisplatin dan PEI dengan nilai sitotoksisitas tertinggi terhadap lini sel MCF-7 adalah cisplatin 5 ppm/PEI BM 5000 dengan rasio 5:10 (ppm), % survival rate yang dihasilkan sebesar 11.25 ± 0,11 %. Didapatkan juga bahwa seluruh rasio pada kombinasi cisplatin/PEI linier BM 2.500 dan 5.000 memberikan perbedaan nilai % survival rate yang bermakna dibandingkan dengan cisplatin tunggal (p < 0.05) sehingga efisiensi terapi cisplatin berpotensi untuk ditingkatkan melalui kombinasi ini.
    Kata kunci: Kanker payudara, cisplatin, PEI linier, uji sitotoksisitas
  • Tidak tersedia versi lain

  • Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.


Informasi