Detail Cantuman

No image available for this title

Text  

4357- Penyusunan Direktori Eksipien Farmasi Halal (Efi Triana; Gofarana Wilar, Ph.D; Prof. Taofik Rusdiana, M.Si., Ph.D)


Indonesia merupakan negara dengan 87,2% penduduknya beragama Islam. Banyaknya populasi muslim yang ada di Indonesia menyebabkan semakin tingginya ...

  • CodeCallNoLokasiKetersediaan
    FFUP202300084357Tersedia
  • Perpustakaan
    Fakultas Farmasi
    Judul Seri
    -
    No. Panggil
    4357
    Penerbit Fakultas Farmasi Universitas Padjadjaran : Jatinangor.,
    Deskripsi Fisik
    -
    Bahasa
    Indonesia
    ISBN/ISSN
    -
    Klasifikasi
    4357
    Tipe Isi
    -
    Tipe Media
    -
    Tipe Pembawa
    -
    Edisi
    -
    Subyek
    -
    Info Detil Spesifik
    -
    Pernyataan Tanggungjawab
  • Indonesia merupakan negara dengan 87,2% penduduknya beragama Islam. Banyaknya populasi muslim yang ada di Indonesia menyebabkan semakin tingginya minat terhadap produk halal terutama pada produk farmasi. Segala sesuatu yang masuk ke dalam tubuh harus terjamin kehalalannya sesuai dengan apa yang terdapat pada Al-Quran dan juga Hadits. Jaminan produk halal di Indonesia diatur pada Undang-Undang No. 33 Tahun 2014, dimana pada Undang-Undang tersebut mewajibkan produk yang beredar di Indonesia harus memiliki sertifikat halal dan kebijakan ini telah berlaku mulai tahun 2019. Penelitian ini bertujuan untuk menyusun rancangan direktori eksipien yang telah memiliki sertifikat halal atau jaminan halal yang beredar di Indonesia, direktori ini dapat digunakan sebagai petunjuk dalam mencari produk-produk obat terutama eksipien yang telah halal. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif dan pengambilan data menggunakan media kuesioner serta data tambahan dari website MUI. Berdasarkan hasil penelitian, persebaran produk eksipien halal yang ada di Indonesia masih belum maksimal dan didapatkan 31 eksipien yang telah memiliki sertifikat atau jaminan halal dari 10 instansi farmasi di Indonesia. Dari hasil daftar eksipien tersebut dapat dibuat model direktori yang berisi informasi-informasi umum dari zat tersebut.
    Kata Kunci: Direktori, Eksipien, Halal, Sertifikasi Halal
  • Tidak tersedia versi lain

  • Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.


Informasi