Detail Cantuman

Image of Pengaruh Tingkat Kematangan E-Literacy Terhadap Perilaku Komunikasi Profetik Bagi Dosen UIN : Studi Eksplanatori Pengaruh Tingkat Kematangan e-Literacy Melalui Perilaku Informasi Terhadap Perilaku Komunikasi Profetik  Bagi Dosen UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

Disertasi/Tesis/Skripsi  

Pengaruh Tingkat Kematangan E-Literacy Terhadap Perilaku Komunikasi Profetik Bagi Dosen UIN : Studi Eksplanatori Pengaruh Tingkat Kematangan e-Literacy Melalui Perilaku Informasi Terhadap Perilaku Komunikasi Profetik Bagi Dosen UIN Syarif Hidayatullah Jakarta


ABSTRAK
Ade Abdul Hak.Pengaruh Tingkat Kematangan e-LiteracyTerhadap Perilaku Komunikasi Profetik Bagi Dosen UIN(Studi ...

  • CodeCallNoLokasiKetersediaan
    K3K0188153.607 ADE pPerpustakaan FIKOM UNPAD (Rak Layanan Karya Ilmiah)Tersedia
  • Perpustakaan
    Fakultas Ilmu Komunikasi
    Judul Seri
    -
    No. Panggil
    153.607 ADE p
    Penerbit Fikom Unpad : Bandung.,
    Deskripsi Fisik
    xii, 169 hlm. : Ilus. ; 23 cm.
    Bahasa
    Indonesia
    ISBN/ISSN
    -
    Klasifikasi
    153.607 ADE p
    Tipe Isi
    text
    Tipe Media
    -
    Tipe Pembawa
    -
    Edisi
    -
    Subyek
    Info Detil Spesifik
    -
    Pernyataan Tanggungjawab
  • ABSTRAK
    Ade Abdul Hak.Pengaruh Tingkat Kematangan e-LiteracyTerhadap Perilaku Komunikasi Profetik Bagi Dosen UIN(Studi EksplanatoriPengaruh Tingkat Kematangan e-LiteracyMelalui Perilaku Informasi Terhadap Perilaku Komunikasi Profetik Bagi Dosen UIN Syarif Hidayatullah Jakarta).Tujuan penelitian adalah untukmenganalisa seberapa besar pengaruh tingkat kematangan e-literacy(literasi informasi, literasi media, literasi moral, dan kemampuan belajar &berpikir)melalui perilaku informasi terhadap perilaku komunikasi profetik(humanisasi, liberasi, dan transendensi)baik secara simultan maupunparsial;dan,menganalisa implikasinya bagi dosen UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.Metodeyang digunakanmelalui pendekatan kuantitatif eksplanatifdengan teknik pengumpulan data dengan menggunakan kuesioner. Populasi penelitian adalah dosen UIN Syarif Hiddayatullah Jakarta dengan ukuran sampel 91 orang yang dipilih melalui pendekatan stratified random samplingdari 11 fakultasyang ada. Analisis data dilakukan dengan pendekatan analisis jalur menggunakan perangkat lunak SPSS 22.Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kematangan e-literacy(literasi informasi, literasi media, literasi moral, dan kemampuan belajar &berpikir)melalui perilaku informasi berpengaruhsecara simultan dan signifikan terhadap perilaku komunikasi profetik(humanisasi, liberasi, dan transendensi). Secara parsial,literasi moral dan perilaku informasisecara positif dan signifikan berpengaruh terhadap perilaku komunikasi profetik-humanisasi;literasi informasi, kemampuan belajar &berpikir, dan perilaku informasi secara positif dan signifikan berpengaruh terhadap perilaku komunikasi profetik-liberasi; sementara itu literasi media berpengaruh secara negatif dan signifikan; literasi moral dan perilaku informasisecara positif dan signifikan berpengaruh terhadap perilaku komunikasi profetik-transendensi. Secara signifikan, hasil ini berimplikasi pada strategipendekatan peningkatan e-literacy di kalangan dosen UIN Syarif Hidayatullah Jakarta sebagai upaya peningkatanperilaku komunikasi profetik dalam media elektroniknya.Kata kunci: Komunikasi Profetik,e-Literacy, Perilaku Informasi, Toeri Kognitif Sosial.
    vABSTRACTSAde Abdul Hak. The Effect of E-Literacy Maturity Level on the Prophetic Communication Behavior for UIN Lecturers (Explanatory Study on the Effect of E-Literacy Maturity Level Through Information Behavior on Prophetic Communication Behavior for Syarif Hidayatullah UIN Jakarta Lecturers).The study was to analyze the influence of the e-literacy maturity level (information literacy, media literacy, moral literacy, and learning & thinking skills) through information behavior on prophetic communication behavior (humanization, liberation, and transcendence) both simultaneously and partially; and, to analyze the implications for the lecturers of Syarif Hidayatullah UIN Jakarta.It was used questionnaires as an explanatory quantitative method. The population was the 969 lecturers at UIN Syarif Hiddayatullah Jakarta with a sample size of 91 selected through a stratified random sampling of 11 faculties.Data analysis was carried out using a path analysis approach using SPSS 22.The results showed that the e-literacy maturity level (information literacy, media literacy, moral literacy, and the learning & thinking skills) through information behavior simultaneously and significantly affected the prophetic communication behavior (humanization, liberation, and transcendence).Partially, moral literacy and information behavior positively and significantly influence the humanization-prophetic communication behavior; information literacy, learning & thinking skills, and information behavior positively and significantly influence the liberation-prophetic communication behavior; meanwhile, media literacy has a negative and significant effect; moral literacy and information behavior positively and significantly influence the transcendence-prophetic communication behavior.Significantly,theimplicationof this studyis tohave a different approach forincreasingUIN Syarif Hidayatullah Jakarta lecturers’ e-literacy maturity levelas an effort for increasing prophetic communication behaviorin electronic media.Keywords: Prophetic Communication,e-Literacy, Information Behavior, Social Cogitive Theory
  • Tidak tersedia versi lain

  • Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.


Informasi