Detail Cantuman

Image of KONSTRUKSI MAKNA DIET DAN KECANTIKAN DI KALANGAN PEREMPUAN

Skripsi  

KONSTRUKSI MAKNA DIET DAN KECANTIKAN DI KALANGAN PEREMPUAN


ABSTRAK

Intan Shabrina. 210110080064. Penelitian tersebut berjudul Konstruksi Makna Diet dan Kecantikan di Kalangan ...

  • CodeCallNoLokasiKetersediaan
    K1C 0850646. 720 7 SHA kPerpustakaan FIKOM UNPAD (Rak Karya Ilmiah K1C)Tersedia
  • Perpustakaan
    Fakultas Ilmu Komunikasi
    Judul Seri
    -
    No. Panggil
    646. 720 7 SHA k
    Penerbit Fikom Unpad : Bandung.,
    Deskripsi Fisik
    xii, 148 hlm.:ilus.; 21 x 30 cm
    Bahasa
    Indonesia
    ISBN/ISSN
    -
    Klasifikasi
    646. 720 7 SHA k
    Tipe Isi
    -
    Tipe Media
    -
    Tipe Pembawa
    -
    Edisi
    -
    Subyek
    Info Detil Spesifik
    -
    Pernyataan Tanggungjawab
  • ABSTRAK

    Intan Shabrina. 210110080064. Penelitian tersebut berjudul Konstruksi Makna Diet dan Kecantikan di Kalangan Perempuan dengan subjudul Studi Fenomenologi Mengenai Makna Diet dan Kecantikan di Kalangan Mahasiswi Universitas Padjadjaran. Dr. Eni Maryani, M.Si dan Dra. Hj. Kismiyati El Karimah, M.Si sebagai pembimbing. Fakultas Ilmu Komunikasi. Universitas Padjadjaran.

    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana makna diet dan kecantikan di konstruksi oleh perempuan yang melakukan diet. Metode yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi yang bertujuan untuk memahami bagaimana cara manusia mengkonstruksi makna dan konsep. Data penelitian diperoleh melalui hasil wawancara, observasi dan studi literatur.

    Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat keragaman pengalaman pada perempuan terkait dengan masalah diet dan kecantikan. Kecantikan fisik seakan menjadi tuntutan sosial walaupun perempuan sebenarnya memaknai bahwa kecantikan tidak dinilai hanya dari fisik. Tuntutan tersebut timbul dari apa yang disampaikan oleh lingkungan sosial mereka, dan hal tersebut juga mempengaruhi bagaimana perempuan menilai diri mereka sendiri.

    Kesimpulan dari penelitian tersebut adalah makna diet dan kecantikan yang pada awalnya di pahami oleh perempuan kini telah berubah seiring dengan pengalaman-pengalaman yang dilalui. Internet menjadi sumber informasi utama untuk mencari informasi diet. Meskipun pada awalnya melakukan diet karena sikap lingkungan, keberhasilan diet dapat meningkatkan kepercayaan diri mereka. Para pelaku diet ini juga memaknai dirinya sebagai ciptaan Tuhan sehingga mereka mensyukuri apa yang sudah dimiliki. Komunikasi yang baik dengan lingkungan juga mempengaruhi perilaku diet.







  • Tidak tersedia versi lain

  • Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.


Informasi