Detail Cantuman

Image of Hubungan Interior Setting dengan Konsentrasi Belajar : Studi Korelasional di Perpustakaan Daerah Kabupaten Subang

Skripsi  

Hubungan Interior Setting dengan Konsentrasi Belajar : Studi Korelasional di Perpustakaan Daerah Kabupaten Subang


ABSTRAK
Pengaturan dan pengelolaan ruang interior Perpustakaan Daerah Kabupaten Subang memilikidampak terhadap kenyamanan ...

  • CodeCallNoLokasiKetersediaan
    K1D1562371.102 07 LUG hPerpustakaan FIKOM UNPAD (Rak Layanan Karya Ilmiah)Tersedia
  • Perpustakaan
    Fakultas Ilmu Komunikasi
    Judul Seri
    -
    No. Panggil
    371.102 07 LUG h
    Penerbit Fikom Unpad : Bandung.,
    Deskripsi Fisik
    xix, 204 hlm. : Ilus. ; 21 cm.
    Bahasa
    Indonesia
    ISBN/ISSN
    -
    Klasifikasi
    371.102 07 LUG h
    Tipe Isi
    text
    Tipe Media
    -
    Tipe Pembawa
    -
    Edisi
    -
    Subyek
    Info Detil Spesifik
    -
    Pernyataan Tanggungjawab
  • ABSTRAK
    Pengaturan dan pengelolaan ruang interior Perpustakaan Daerah Kabupaten Subang memilikidampak terhadap kenyamanan beraktivitas pengunjung. Beberapa aspek perlu mendapat perhatian lebihuntuk membantu menunjangfungsi dan tujuan perpustakaan sebagai sarana belajar umum sehinggamemungkinkan individu belajar dengan fokus dan nyaman. Penelitian inibertujuan untuk mengetahui signifikansi hubungan antara interior setting dengan konsentrasi belajar pengunjung di ruang baca Perpustakaan Daerah Kabupaten Subang. Sampel penelitian yang digunakan berjumlah 90 orang berdasarkan perhitungan rumus Slovindengan taraf kesalahan sebesar 5% menggunakan teknik Probability Samplingjenis simple random sampling.Data diperoleh melalui hasil penyebaran angket menggunakan skala likertdenganpendekatan metode korelasional dan uji pearson product moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat hubungan yang signifikan antara interior setting dengan konsentrasi belajar, dimana thitung=4,929 ≥ttabel=1,988;(2) terdapat hubungan yang signifikan antara ketepatan letak ruangan dengan konsentrasi belajar, dimana thitung= 2,423≥ttabel=1,988;(3) tidak terdapat hubungan yang signifikan antara kenyamanan temperatur dan udara dengan konsentrasi belajar, dimana thitung= 0,470≤ttabel=1,988; (4)terdapat hubungan yang signifikan antara gangguan suara dengan konsentrasi belajar, dimana thitung=-3,644≥ttabel=-1,988; (5) tidak terdapat hubungan yang signifikan antara kesesuaian warna dengan konsentrasi belajar, dimana thitung=0,498≤ttabel=1,988; (6) terdapat hubungan yang signifikan antara kualitas pencahayaan dengan konsentrasi belajar, dimana thitung= 3,038≥ttabel=1,988; (7) tidak terdapat hubungan yang signifikan antara kesesuaian perabot dengan konsenrasi belajar, dimana thitung= 1,452≤ttabel=1,988.Kata Kunci: Interior Setting, Perpustakaan, Konsentrasi Belajar, Kenyamanan Tata Ruang.
    AbstractInterior Setting and space management of the Subang Regency Regional Library has an impact on the comfort of visitors' activities. Some aspects need to get more attention to help support the function and purpose of the library as a means of general learning so as to enable individuals to learn with focus and comfort. This study aims to determine the significance of the correlationsbetween interior settings and the concentration of visitor learning in the reading room of the Subang Regency Regional Library. The research sample used was 90 people based on the calculation of the Slovin formula with an error rate of 5% using a simple random sampling Probability Sampling technique. Data obtained through the distribution of questionnaires using a Likert scale with the correlational method approach and Pearson product moment test. The results showed that: (1) there was a significant correlationbetween interior settings and learning concentration, where t= 4.929 ≥ table = 1.988; (2) there is a significant correlationbetween the accuracy of the location of the room with the concentration of learning, where t= 2.423 ≥ table = 1.988; (3) there is no significant correlationbetween temperature and air comfort with learning concentration, where t= 0.470 ≤ table = 1.988; (4) there is a significant correlationbetween sound disturbances with learning concentration, where t= -3,644 ≥table = -1,988; (5) there is no significant correlationbetween the suitability of color and concentration of learning, where t = 0.498 ≤ table = 1.988; (6) there is a significant correlationbetween lighting quality and learning concentration, where t= 3.038 ≥ table = 1.988; (7) there is no significant correlationbetween the suitability of furniture with concentration of learning, where t= 1,452 ≤ table = 1,988.Keywords: Interior Setting, Library, Concentration in Studies, Learning Concentration, Spatial Comfort
  • Tidak tersedia versi lain

  • Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.


Informasi