Detail Cantuman

Image of Strategi Manajemen Redaksi Majalah Mingguan Mangle di Era Digital : Studi Kasus Intrinsik Robert E. Stake Terhadap Strategi Manajemen Media Majalah Mingguan Basa Sunda Mangle Beradaptasi di Era Digital

Skripsi  

Strategi Manajemen Redaksi Majalah Mingguan Mangle di Era Digital : Studi Kasus Intrinsik Robert E. Stake Terhadap Strategi Manajemen Media Majalah Mingguan Basa Sunda Mangle Beradaptasi di Era Digital


ABSTRAK Noviany Suryani, 210110120181, 2018. Skripsi ini berjudul Strategi Manajemen Redaksi Mangle di Era Digital. Studi Kasus Terhadap ...

  • CodeCallNoLokasiKetersediaan
    K1A0905K1A0905 390.005 NOV sPerpustakaan FIKOM UNPAD (Rak Layanan Karya Ilmiah)Tersedia
  • Perpustakaan
    Fakultas Ilmu Komunikasi
    Judul Seri
    -
    No. Panggil
    K1A0905 390.005 NOV s
    Penerbit Fikom Unpad : Bandung.,
    Deskripsi Fisik
    xi, 219 hlm. : Ilus. ; 29,5 cm.
    Bahasa
    Indonesia
    ISBN/ISSN
    -
    Klasifikasi
    390.005
    Tipe Isi
    text
    Tipe Media
    -
    Tipe Pembawa
    -
    Edisi
    -
    Subyek
    Info Detil Spesifik
    -
    Pernyataan Tanggungjawab
  • ABSTRAK Noviany Suryani, 210110120181, 2018. Skripsi ini berjudul Strategi Manajemen Redaksi Mangle di Era Digital. Studi Kasus Terhadap Strategi Manajemen Redaksi Mangle di Era Digital. Dengan pembimbing utama Dr. Hj. Henny Sri Mulyani, M.Si, dan pembimbing pendamping Pandan Yudhapramesti, S.Sos., MT. Program Studi Jurnalistik, Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Padjadjaran, Jatinangor. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana manajemen redaksi Manglesebelum dan sesudah mengeluarkan portal online. Kemudian untuk mencari tahu apa tujuan dan ekspektasi dari pembuatan portal online, serta mengetahui strategi yang dilakukan Mangle dalam beradaptasi di era digital lewat media onlinenya tersebut. Hasil penelitian menunjukan bahwa manajemen redaksi Mangle sebelum portal online berjalan cukup efektif. Setelah kemunculannya, alur kerja redaksi mengalami perubahan yang disebabkan pengorganisasian yang kurang matang di awal pelaksanaanya. Temuan kedua tujuan dan ekspektasi Mangle terhadap portal online awalnya hanya menjangkau pembaca di luar Indonesia agar pembaca bisa menikmati Mangle meski tidak berada di area distribusinya. Namun seiring berjalannya waktu, banyak keinginan lain yang ingin dicapai melalui portal onlinenya karena mereka menyadari fungsi media online yang lebih dari media promosi. Temuan ketiga strategi yang dilakukan Mangle dapat dikatakan belum memenuhi standar. Hal ini terlihat dari kontennya yang tidak diperbarui secara berkala, akibat banyak aktivitas strategi manajemen media yang tidak dilaksanakan. Saran untuk redaksi Mangle sebaiknya membuat perencanaan pengelolaan media online yang matang dan terstruktur. Bukan hanya perencanaan konsep konten dan desain website, namun sampai penentuan kuantitas berita, kebijakan, rubrik, prosedur, metode hingga standar yang diberlakukan. Mangle juga sebaiknya mengadakan pelatihan untuk kru terutama dalam bidang pengelolaan media baru, teknologi informasi dan jurnalisme online agar hambatan kemampuan yang dimiliki kru di bidang-bidang tersebut bisa teratasi. Selain itu, ada baiknya Mangle lebih giat mencari iklan terutama di media onlinenya agar tidak perlu bergantung sepenuhnya pada divisi keuangan untuk mengatasi masalah finansial.
    ii ABSTRACTNoviany Suryani, 210110120181, 2018. This thesis entitled, Mangle Editorial Management Strategy in Digital Era. Case Studies of Mangle Editorial Management Strategy in Digital Era. With the main supervisor Dr. Hj. Henny Sri Mulyani, M.Si, and second supervisor companion Pandan Yudhapramesti, S.Sos., MT, Department of Journalism, Faculty of Communication, University of Padjadjaran, Jatinangor. The study aims to find out how Mangle editorial management before and after their releasing online portal. Then to find out what is the main purpose and expectation from their online portal, and to find out the strategy that Mangle use to adapt in digital era. The result show Mangle editorial management before releasing online portal was run effectively. After it release, editorial workflow changing caused by immature organizing at the beginning of its implemetation. The second result is main purpose and expectation from their online portal initially was just to reach the readers outside Indonesia so they can enjoy Mangle eventhough they are not in the distribution area. As time goes by, there is more purpose that Mangle want to pursue because they realize online media can be used more than just as promotion platform. The third result is the strategy that Mangle used can be said not yet meet the standard. It is visible from the content which not updated periodically, caused by strategy media management activity that not be done. The research suggested Mangle editorial team making careful and structured online media management planning. Not only the concept of content nor website design, but also the news quantity, policy, rubric, procedure, method, up to the standard. Then conduct training for the crew especially in new media management, information technology and online journalism field of expertise to resolve the crew who lack of skill on those field. Mangle should more active in finding ads especially for their online media. So they don’t have to fully depends on finance division.
  • Tidak tersedia versi lain

  • Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.


Informasi