Detail Cantuman

No image available for this title

Skripsi  

PERBANDINGAN ECONOMY CAPITAL, EFIKASI POLITIK DAN KEAKTIFAN ORGANISASI DITINJAU DARI PARTISIPASI POLITIK MAHASISWA UNIVERSITAS PADJADJARAN PADA AKSI REFORMASI DIKORUPSI (Studi Komparasi Mengenai Econo


ABSTRAK

Nahdiya Jihadil Fithri, 210110160101. Program Studi Ilmu Komunikasi. Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Padjadjaran, ...

  • CodeCallNoLokasiKetersediaan
    K1E 0198324.259 807 Hri pPerpustakaan FIKOM UNPAD (Prodi Ilkom)Tersedia
  • Perpustakaan
    Fakultas Ilmu Komunikasi
    Judul Seri
    -
    No. Panggil
    324.259 807 Hri p
    Penerbit Fikom Unpad : Bandung..,
    Deskripsi Fisik
    xv, 89 hlm.;ilus'; 21x30 cm
    Bahasa
    Indonesia
    ISBN/ISSN
    -
    Klasifikasi
    324.259 807 Hri p
    Tipe Isi
    -
    Tipe Media
    -
    Tipe Pembawa
    -
    Edisi
    -
    Subyek
    -
    Info Detil Spesifik
    -
    Pernyataan Tanggungjawab
  • ABSTRAK

    Nahdiya Jihadil Fithri, 210110160101. Program Studi Ilmu Komunikasi. Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Padjadjaran, Jatinangor, Angkatan 2016. Penelitian ini berjudul “Perbandingan Economy Capital, Efikasi Politik, dan Keaktifan Organisasi ditinjau dari Partisipasi Politik Mahasiswa Universitas Padjadjaran Pada Aksi Reformasi Dikorupsi”. Penelitian ini dibimbing oleh S. Kunto Adi Wibowo, S.Sos, M.Comn., Ph.D, selaku dosen pembimbing utama dan Rachmaniar, S.Sos., M.I.Kom, selaku dosen pembimbing pendamping.

    Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan economy capital (uang saku per bulan), efikasi politik, dan keaktifan organisasi mahasiswa Universitas Padjadjaran yang berpartisipasi dan tidak berpartisipasi pada aksi nasional Reformasi Dikorupsi. Penelitian ini menggunakan landasan teori Civic Voluntarism Model yang diperkenalkan oleh Verba, Schlozman, dan Brady (1995).

    Penelitian ini dilakukan melalui pendekatan kuantitatif dengan menggunakan instrumen penelitian berupa angket/kuesioner daring dalam pengumpulan data. Sampel penelitian diambil dari mahasiswa aktif Unpad secara langsung dan dari grup koordinasi mahasiswa Unpad peserta aksi di media sosial Line. Besar sampel penelitian ini adalah 389 responden. Terdiri dari 201 responden yang berpartisipasi dan 188 responden yang tidak berpartisipasi dalam aksi. Sampel ditentukan melalui cluster random sampling dan simple random sampling. Analisis data terdiri dari analisis deskriptif dan analisis inferensial menggunakan rumus uji beda t-test independent sample menggunakan aplikasi IBM SPSS Statistics 23.

    Hasil penelitian menunjukkan adanya perbedaan efikasi politik dan keaktifan organisasi yang signifikan antara mahasiswa Unpad yang berpartisipasi dan tidak berpartisipasi pada gerakan aksi. Dilihat dari perbedaan rerata (mean difference), mahasiswa partisipan memiliki efikasi politik dan keaktifan organisasi lebih tinggi dari mahasiswa non-partisipan. Sementara pada variabel modal ekonomi, tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara keduanya.





    Kata kunci: Economy Capital, Efikasi Politik, Keaktifan Organisasi, Civic
    Voluntarism Model, Mahasiswa Unpad, Reformasi Dikorupsi

  • Tidak tersedia versi lain

  • Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.


Informasi