Detail Cantuman

No image available for this title

Skripsi  

Komunikasi Ritual Nyiramkeun Pusaka Talaga Manggung


ABSTRAK

Muhammad Fajar Imani. 210110160036. 2020. Penelitian ini berjudul “Komunikasi Ritual Nyiramkeun Pusaka Talaga Manggung: ...

  • CodeCallNoLokasiKetersediaan
    K1E 0203912.598 232 1 Ani kPerpustakaan FIKOM UNPAD (Prodi Ilkom)Tersedia
  • Perpustakaan
    Fakultas Ilmu Komunikasi
    Judul Seri
    -
    No. Panggil
    912.598 232 1 Ani k
    Penerbit Fikom Unpad : Bandung.,
    Deskripsi Fisik
    viii, 83 hlm.;ilus'; 21x30 cm
    Bahasa
    Indonesia
    ISBN/ISSN
    -
    Klasifikasi
    912.598 232 1 Ani k
    Tipe Isi
    -
    Tipe Media
    -
    Tipe Pembawa
    -
    Edisi
    -
    Subyek
    -
    Info Detil Spesifik
    -
    Pernyataan Tanggungjawab
  • ABSTRAK

    Muhammad Fajar Imani. 210110160036. 2020. Penelitian ini berjudul “Komunikasi Ritual Nyiramkeun Pusaka Talaga Manggung: Studi Etnografi Komunikasi Pada Ritual Nyiramkeun Pusaka Talaga Manggung di Kecamatan Talaga Kabupaten Majalengka”. Penelitian ini di bawah bimbingan Dr. Hj. Jenny Ratna Suminar, M. Si. sebagai pembimbing utama dan Ditha Prasanti, S. I. Kom., M. I. Kom. sebagai pembimbing pendamping.
    Nyiramkeun Pusaka Talaga Manggung merupakan ritual yang dilakukan untuk menyucikan benda pusaka peninggalan leluhur sekaligus ungkapan syukur masyarakat Talaga atas limpahan berkah dari Allah. Ritual ini diselenggarakan di Museum Talaga Manggung pada Senin, 15 Safar 1441 Hijriah atau 14 Oktober
    2019 oleh keturunan Kerajaan Talaga Manggung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: a) situasi komunikatif dalam komunikasi Ritual Nyiramkeun Pusaka Talaga Manggung, b) peristiwa komunikatif dalam komunikasi Ritual Nyiramkeun Pusaka Talaga Manggung, dan c) tindak komunikatif dalam komunikasi Ritual Nyiramkeun Pusaka Talaga Manggung.
    Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan etnografi komunikasi. Acuan dasar dari penelitian ini adalah analisis SPEAKING yang dikemukakan Dell Hymess. Hasil temuan lapangan kemudian dijabarkan menggunakan teori interaksi simbolik. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggabungkan empat teknik, yakni observasi, wawancara, studi dokumentasi, dan studi kepustakaan. Subjek dalam penelitian ini dipilih secara purposive sampling.
    Hasil penelitian ini menunjukkan: a) situasi komunikatif ritual Nyiramkeun Pusaka Talaga Manggung bertempat di Museum Talaga Manggung dan dilakukan pada Senin, 15 Safar 1441 Hijriah atau 14 Oktober 2019; b) Peristiwa komunikatif ritual ini ialah aktivitas berbentuk upacara sakral menyucikan benda pusaka untuk menghormati leluhur kerajaan Talaga Manggung; dan c) tindak komunikatif pada ritual Nyiramkeun Pusaka Talaga Manggung terdiri dari pesan verbal berupa doa dan kawih, serta pesan nonverbal baik berupa gestur maupun simbol-simbol ritual yang penuh makna.
    Kata Kunci: Komunikasi Ritual, Etnografi Komunikasi, Nyiramkeun Pusaka
    Talaga Manggung

  • Tidak tersedia versi lain

  • Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.


Informasi