Detail Cantuman

No image available for this title

Skripsi  

Resepsi Khalayak tentang Kehamilan di Luar Nikah dalam Film "Dua Garis Biru"


ABSTRAK
Salsabila Nadhifa, 210410160049, 2020. “Resepsi Khalayak Tentang Kehamilan di Luar Nikah dalam Film Dua Garis Biru”. Dr. Herlina ...

  • CodeCallNoLokasiKetersediaan
    K1F 015362.042.07 Ifa rPerpustakaan FIKOM UNPAD (Prodi TV dan Film)Tersedia
  • Perpustakaan
    Fakultas Ilmu Komunikasi
    Judul Seri
    -
    No. Panggil
    362.042.07 Ifa r
    Penerbit Fikom Unpad : Bandung.,
    Deskripsi Fisik
    xiv,230 hlm.;ilus'; 21x30 cm
    Bahasa
    Indonesia
    ISBN/ISSN
    -
    Klasifikasi
    362.042.07 Ifa r
    Tipe Isi
    -
    Tipe Media
    -
    Tipe Pembawa
    -
    Edisi
    -
    Subyek
    -
    Info Detil Spesifik
    -
    Pernyataan Tanggungjawab
  • ABSTRAK
    Salsabila Nadhifa, 210410160049, 2020. “Resepsi Khalayak Tentang Kehamilan di Luar Nikah dalam Film Dua Garis Biru”. Dr. Herlina Agustin, S.Sos. M.T. sebagai pembimbing utama dan Rangga Saptya Mohamad Permana, S.I.Kom., M.I.Kom. sebagai pembimbing pendamping. Program Studi Televisi dan Film, Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Padjadjaran.

    Dua Garis Biru adalah film yang mengangkat isu tentang kehamilan di luar nikah dan hubungannya dengan komunikasi yang berlangsung di dalam keluarga dan pendidikan seks. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui rumusan makna kreator terkait isu kehamilan di luar nikah dalam Dua Garis Biru, memahami pembacaan khalayak dan mengetahui posisi pembacaan khalayak terhadap isu kehamilan di luar nikah dalam Dua Garis Biru, dan mengetahui kerangka pengetahuan yang mendasari khalayak dalam membaca isu kehamilan di luar nikah dalam Dua Garis Biru. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi dan dokumentasi terhadap Film Dua Garis Biru, wawancara mendalam dengan 12 informan, serta studi pustaka terkait isu kehamilan di luar nikah. Data dianalisis menggunakan model Encoding/Decoding Stuart Hall.

    Hasil penelitian ini memperlihatkan adanya tiga tema besar dari isu kehamilan di luar nikah yang diangkat dalam film ini, yaitu komunikasi orang tua dan remaja, kehamilan remaja, dan pernikahan dini. Terdapat keberagaman pembacaan yang dilakukan oleh informan. Pada tema komunikasi orang tua dan remaja dan tema kehamilan remaja, khalayak berada pada posisi dominan, negosiasi, dan oposisi. Sedangkan pada tema pernikahan dini, ke-12 informan berada pada posisi dominan. Yang melatarbelakangi keberagaman pembacaan adalah adanya perbedaan nilai sosio-kultural, nilai agama, lingkungan keluarga, lingkungan sosial, dan latar belakang pendidikan masing-masing informan.



    Kata Kunci: Film, Dua Garis Biru, Kehamilan di Luar Nikah, Analisis Resepsi,
    Encoding/Decoding.



  • Tidak tersedia versi lain

  • Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.


Informasi