Detail Cantuman

No image available for this title

Skripsi  

PENGARUH TERPAAN KONTEN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM VAPER STUFF TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF PENGIKUTNYA


ABSTRAK



Nathasya Sulaksono Putri dengan NPM 210110160065 menempuh pelajaran pada Program Studi Ilmu Komunikasi, ...

  • CodeCallNoLokasiKetersediaan
    K1E 0217006.754.07 Tri pPerpustakaan FIKOM UNPAD (Prodi Ilkom)Tersedia
  • Perpustakaan
    Fakultas Ilmu Komunikasi
    Judul Seri
    -
    No. Panggil
    006.754.07 Tri p
    Penerbit Fikom Unpad : Bandung.,
    Deskripsi Fisik
    xii,61 hlm.;ilus'; 21x30 cm
    Bahasa
    Indonesia
    ISBN/ISSN
    -
    Klasifikasi
    006.754.07 Tri p
    Tipe Isi
    -
    Tipe Media
    -
    Tipe Pembawa
    -
    Edisi
    -
    Subyek
    -
    Info Detil Spesifik
    -
    Pernyataan Tanggungjawab
  • ABSTRAK



    Nathasya Sulaksono Putri dengan NPM 210110160065 menempuh pelajaran pada Program Studi Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Padjadjaran. Pada tahun 2020, melaksanakan penelitian dengan judul “Pengaruh Terpaan Konten Media Sosial Instagram Vaper Stuff terhadap Perilaku Konsumtif Pengikutnya” di bawah bimbingan Dr. Nindi Aristi, S.Sos., M.Comn sebagai pembimbing utama dan Ikhsan Fuady, S.P., M.Si. sebagai pembimbing pendamping.

    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran media sosial Instagram, khususnya akun Vaper Stuff sebagai akun yang mengulas produk-produk rokok elektrik terhadap perilaku konsumtif pengikutnya. Teori perbedaan individu oleh Melvin Defleur menjadi landasan dan kerangka penelitian dari penelitian ini. Pengambilan data dilakukan dengan pendekatan survei kuantitatif melalui survei daring terhadap 386 responden dengan metode pengambilan sampel secara probabilitas dengan teknik simple random sampling. Data yang didapat dianalis dengan teknik regresi linier berganda menggunakan perangkat lunak SPSS.

    Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari terpaan konten Vaper Stuff di Instagram terhadap perilaku konsumtif pengikutnya, begitupun terdapat pengaruh yang signifikan dari beberapa variabel parsialnya, yaitu selective attention, motivasi, pendapat dan pembujukkan, serta kepribadian dan penyesuaian diri. Selain itu, dua variabel parsial lainnya, yaitu frekuensi terpaan dan kepercayaan tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap perilaku konsumtif pengikutnya. Dari hasil penelitian ini, variabel parsial selective attention memiliki tingkat pengaruh yang paling tinggi dalam memengaruh perilaku konsumtif.




    Kata kunci: Instagram, perbedaan individu, frekuensi terpaan, perilaku konsumtif, rokok elektrik
  • Tidak tersedia versi lain

  • Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.


Informasi