Detail Cantuman

No image available for this title

Skripsi  

IMPLIKASI PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL PADA MEDIA LOKAL


ABSTRAK




Rudi Dwi Hartanto, 210510160057, 2020. Skripsi ini berjudul “IMPLIKASI PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL PADA ...

  • CodeCallNoLokasiKetersediaan
    K1C 0976659.140.7 Nto iPerpustakaan FIKOM UNPAD (Prodi Mankom)Tersedia
  • Perpustakaan
    Fakultas Ilmu Komunikasi
    Judul Seri
    -
    No. Panggil
    659.140.7 Nto i
    Penerbit Fikom Unpad : Bandung.,
    Deskripsi Fisik
    xi,157 hlm.;ilus'; 21x30 cm
    Bahasa
    Indonesia
    ISBN/ISSN
    -
    Klasifikasi
    659.140.7 Nto i
    Tipe Isi
    -
    Tipe Media
    -
    Tipe Pembawa
    -
    Edisi
    -
    Subyek
    -
    Info Detil Spesifik
    -
    Pernyataan Tanggungjawab
  • ABSTRAK




    Rudi Dwi Hartanto, 210510160057, 2020. Skripsi ini berjudul “IMPLIKASI PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL PADA MEDIA LOKAL”. Dosen Pembimbing Utama Dr. Eni Maryani, M.Si., Dosen Pembimbing endamping Detta Rahmawan, S.I.Kom., MA., M.Si. Program Strata I Program Studi Manajemen Komunikasi Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjadjaran Jatinangor.

    Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) bagaimana media sosial dikelola oleh media lokal, (2) Bagaimana implikasi penggunaan media sosial terhadap pendapatan media lokal. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan Studi Kasus. Pencarian data dilakukan dengan menggunakan wawancara, observasi dan studi pustaka.

    Hasil dari penelitian ini menunjukkan terdapat karakteristik dan tujuan penggunaan media sosial yang berbeda-beda pada media lokal yang diteliti. Media yang berbasis citizen journalism mengelola media sosial dengan sumber daya yang lebih besar, selain itu mengandalkan media sosial bukan hanya sebagai media untuk mendistribusikan informasi tapi juga mendapatkan informasi. Media lokal lainnya cenderung fokus pada konten berbasis lokal dan hanya menggunakan media sosial untuk menyebarkan informasi dari situs web mereka sendiri. Dari segi pendapatan media sosial memberikan kemungkinan baru untuk media lokal dalam mendapatkan sumber pendapatan, media yang lebih kreatif dan dapat membangun khalayak media sosial mereka pada umumnya menarik lebih banyak kerjasama dengan berbagai pihak. Media sosial memang belum dapat menjadi sumber pendapatan yang dominan namun dapat menjadi salah satu saluran baru yang perlu dikembangkan oleh media lokal.

    Kata kunci: Manajemen Media Sosial, Media Lokal, Pendapatan Media.

  • Tidak tersedia versi lain

  • Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.


Informasi