Detail Cantuman

No image available for this title

Skripsi  

Jurnalisme Anak dalam Program Laptop Si Unyil


ABSTRAK



Emmanuella Sukma. R P, 210610150037, 2020. Skripsi ini berjudul “Jurnalisme Anak dalam Program Laptop Si ...

  • CodeCallNoLokasiKetersediaan
    K1A 0955899.221 3 Iwi jPerpustakaan FIKOM UNPAD (prodi jurnalistik)Tersedia
  • Perpustakaan
    Fakultas Ilmu Komunikasi
    Judul Seri
    -
    No. Panggil
    899.221 3 Iwi j
    Penerbit Fikom Unpad : Bandung.,
    Deskripsi Fisik
    xi,77 hlm.;ilus'; 21x30 cm
    Bahasa
    Indonesia
    ISBN/ISSN
    -
    Klasifikasi
    899.221 3 Iwi j
    Tipe Isi
    -
    Tipe Media
    -
    Tipe Pembawa
    -
    Edisi
    -
    Subyek
    -
    Info Detil Spesifik
    -
    Pernyataan Tanggungjawab
  • ABSTRAK



    Emmanuella Sukma. R P, 210610150037, 2020. Skripsi ini berjudul “Jurnalisme Anak dalam Program Laptop Si Unyil, Studi Kualitatif Deskriptif Penerapan Jurnalisme Anak dalam Kebijakan Redaksional Program Laptop Si Unyil di Trans7”. Pembimbing utama Ipit Zulfan, S.Sos., M.I.Kom, dan pembimbing kedua Ika Merdekawati Kusmayadi, S.I.Kom, M.A. Program Studi Jurnalistik, Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Padjadjaran.
    Penelitian ini akan membahas mengenai kebijakan redaksional program Laptop Si Unyil dalam menerapkan jurnalisme anak, untuk mengetahui keterlibatan anak dalam program Laptop Si Unyil, pertimbangan pihak redaksi dalam menentukan tema liputan, dan penerapam kebijakan redaksional. Metode yang digunakan peneliti yaitu kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Subjek penelitian yaitu produser dan wartawan Laptop Si Unyil, serta executive producer yang membawahi edutainment.
    Hasil penelitian menunjukan bahwa untuk saat ini Laptop Si Unyil hanya menerapkan jurnalisme anak program Laptop Si Unyil hanya melibatkan anak-anak sebagai talent saja. Hal itu dikarenakan anak-anak masih di bawah umur dan pihak redaksi tidak ingin melakukan ekploitasi pada anak. Selain itu tema-tema yang diangkat memiliki banyak pertimbangan agar layak ditonton oleh anak-anak. Kebijakan redaksi yang diterapkan pun sudah disesuaikan dengan aturan-aturan yang diterapkan oleh KPI, terutama mengenai program ramah anak. Meskipun begitu Laptop Si Unyil sebaiknya dapat melakukan lebih dari sekadar menjadikan anak-anak sebagai talent. Hal tersebut dapay dimulai dengan kembali melakukan survei pada anak-anak atau membuat program magang untuk anak usia remaja, agar anak dapat semakin terlibat dalam program yang memang ditujukan untuk anak-anak.
    Kata kunci: Jurnalisme Anak, Program Televisi Anak, Kebijakan
    Redaksional, Laptop Si Unyil Trans 7


  • Tidak tersedia versi lain

  • Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.


Informasi