Detail Cantuman

No image available for this title

Skripsi  

Analisis Kualitas Layanan Harian Utama Pikiran Rakyat dengan Menggunakan Model Quality Function Deployment


Koran memiliki kelemahan dalam bentuk media cetak yaitu berita yang dimunculkan hari ini adalah berita yang terjadi kemarin atau periode sebelumnya. ...

  • CodeCallNoLokasiKetersediaan
    170610100021651 JAT 64/2017Perpustakaan Fisip UnpadTersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
  • Perpustakaan
    Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
    Judul Seri
    -
    No. Panggil
    651 JAT 64/2017
    Penerbit : .,
    Deskripsi Fisik
    xiii, 101 hlm.; 29,7 cm.
    Bahasa
    Indonesia
    ISBN/ISSN
    -
    Klasifikasi
    651
    Tipe Isi
    -
    Tipe Media
    -
    Tipe Pembawa
    -
    Edisi
    -
    Subyek
    Info Detil Spesifik
    -
    Pernyataan Tanggungjawab
  • Koran memiliki kelemahan dalam bentuk media cetak yaitu berita yang dimunculkan hari ini adalah berita yang terjadi kemarin atau periode sebelumnya. Informasi yang terjadi satu jam yang lalu baru akan diterbitkan pada koran esok hari. Pencarian informasi secara cepat lebih mengandalkan pada media televisi maupun internet. Khusus di kalangan anak muda, kebiasaan membaca koran bahkan nyaris hilang. Ditambah oleh mahalnya harga kertas, dan kecenderungan penghematan biaya iklan, membuat posisi penerbit surat kabar akan semakin terjepit. Tujuan dari penelitian ini yaitu: 1) untuk mengetahui pelayanan yang diinginkan oleh konsumen H.U Pikiran Rakyat, 2) untuk mengetahui pengaplikasian metode QFD pada Pikiran Rakyat untuk mengendalikan kualitas Harian Utama yang ditawarkan kepada konsumen, untuk mengetahui Strategy yang dapat dilakukan oleh Pikiran Rakyat terhadap pengendalian kualitas berdasarkan metode QFD. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif. Peneliti akan melakukan analisis pengendalian kualitas dengan menganalisis perbandingan antara presepsi kualitas dari sudut pandang perusahaan dengan apa yang dibutuhkan dan dibutuhkan oleh konsumen media cetak dengan menggunakan house of quality sebagai bagian dari pengaplikasian metode QFD. Hasil dari penelitian ini yaitu 1) konsumen menginginkan 20 atribut pelayanan, 2) atribut-atribut keinginan atau kebutuhan konsumen yang dianggap penting oleh konsumen secara berurutan berdasarkan derajat kepentingannya adalah: deadline cetak, layanan customer service, pemilihan berita, desain layout koran, kelengkapan rubrikasi, kualitas cetak, ketersediaan wartawan, training karyawan, sistem pembayaran, produksi/perawatan mesin, jumlah armada distribusi koran, kelengkapan iklan, jenis promosi, gaya bahasa, jenis harga, ketepatan waktu pengiriman, ketersediaan suplemen koran, pelayanan distribusi koran, jenis huruf, kemudahan mendapatkan Koran, 3) dari analisis SWOT, diketahui yang sesuai untuk diterapkan oleh Harian Utama Pikiran Rakyat adalah sebagai berikut: penetapan deadline cetak, layanan costumer service, pelayanan kepada konsumen, mengembangkan media digital (internet,social). Kesimpulan dari penelitian ini yaitu konsumen menginginkan peningkatan pelayanan dan penerapan metode QFD yang baik dapat membantu mengetahui kebutuhan konsumennya sehingga H.U. Pikiran Rakyat dapat meningkatkan kualitas Koran yang akan didistribusikan ke konsumen.

    Kata kunci : Kualitas Layanan, Koran, HU. Pikiran Rakyat, Quality Function Deployment.
  • Tidak tersedia versi lain

  • Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.


Informasi