Detail Cantuman

No image available for this title

Skripsi  

Upaya Indonesia dalam Pelestarian Terumbu Karang di Kawasan Asia Pasifik melalui Pembentukan Kerjasama Multilateral CTI–CFF (Coral Triangle Initiative on Coral Reefs, Fisheries, and Food Security)


Indonesia, sama seperti aktor negara lainnya yang perlu untuk melakukan kerjasama dengan negara lainnya untuk memenuhi kebutuhan – kebutuhuhan yang ...

  • CodeCallNoLokasiKetersediaan
    170210110117327 MOH 87/2017Perpustakaan Fisip UnpadTersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
  • Perpustakaan
    Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
    Judul Seri
    -
    No. Panggil
    327 MOH 87/2017
    Penerbit FISIP Unpad : Bandung.,
    Deskripsi Fisik
    xviii, 90 hlm.; 29,7 cm.
    Bahasa
    Indonesia
    ISBN/ISSN
    -
    Klasifikasi
    327
    Tipe Isi
    -
    Tipe Media
    -
    Tipe Pembawa
    -
    Edisi
    -
    Subyek
    Info Detil Spesifik
    -
    Pernyataan Tanggungjawab
  • Indonesia, sama seperti aktor negara lainnya yang perlu untuk melakukan kerjasama dengan negara lainnya untuk memenuhi kebutuhan – kebutuhuhan yang belum bisa terpenuhi secara mandiri. Salah satu kerjasama yang dilakukan adalah kerjasama mulitilateral dengan enam negara dalam The Coral Triangle Initiative on Coral Reefs, Fisheries, and Food Security (CTI-CFF), dengan tujuan untuk bersama-sama menjaga sumber daya laut dan pantai, yang bergantung pada terumbu karang, di mana pada saat ini kondisinya di perairan masing-masing negara sudah memprihatinkan. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui dan menganalisa upaya-upaya yang dilakukan Indonesia dalam melestarikan terumbu karang di kawasan Asia Pasifik melalui kerjasama multilateral Coral Triangle Initiative on Coral Reefs, Fisheries and Food Security (CTI - CFF). Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dan metode deskriptif, di mana data-data akan dikumpulkan dari berbagai sumber data seperti hasil wawancara dan studi pustaka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui kerjasama CTI – CFF, maka Indonesia dan semua Negara anggota mendapatkan berbagai keuntungan, di antaranya adalah penyelesaian masalah yang dihadapi secara bersama-sama dalam upaya pelestarian terumbu karang di kawasan segitiga karang (Coral Triangle) Asia Pasifik. Kesimpulan penelitian menunjukkan bahwa upaya-upaya yang dilakukan Indonesia dalam melestarikan terumbu karang di kawasan Asia Pasifik melalui kerjasama Coral Triangle Initiative on Coral Reefs, Fisheries and Food Security (CTI - CFF), meliputi : diplomasi; pembangunan kantor sekretariat serta Coral Triangle Information and Learning Center di Kota Manado; dan mengambil peran sebagai inisiator, serta sebagai pelaksana dan penanggung jawab berbagai pertemuan-pertemuan CTI – CFF. Saran-saran yang dapat diberikan adalah pemerintah perlu lebih instens : memberikan informasi melalui penyuluhan mengenai metode atau cara penangkapan; melarang membuang sampah baik plastik atau limbah kimia ke muara sungai dan laut; mematuhi apa yang disarankan dalam setiap pertemuan CTI – CFF, serta lebih serius dalam pengimplementasiannya pada program kerja pelestarian terumbu karang.

    Kata kunci : Kerjasama, CTI-CFF, Terumbu Karang.
  • Tidak tersedia versi lain

  • Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.


Informasi