Detail Cantuman

No image available for this title

Skripsi  

Pelaksanaan Program Bina Keluarga Remaja Star (Studi Kasus dI Rw 10 Kecamatan Cicendo Kelurahan Pasirkaliki Kota Bandung)


BKKBN mengembangkan program Bina Keluarga Remaja(BKR) yang bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan keterampilan orang tua dalam tumbuh kembang ...

  • CodeCallNoLokasiKetersediaan
    170310110023362 BEN 12/2016Perpustakaan Fisip UnpadTersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
  • Perpustakaan
    Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
    Judul Seri
    -
    No. Panggil
    362 BEN 12/2016
    Penerbit FISIP Unpad : Bandung.,
    Deskripsi Fisik
    -
    Bahasa
    Indonesia
    ISBN/ISSN
    -
    Klasifikasi
    362 BEN 12/2016
    Tipe Isi
    -
    Tipe Media
    -
    Tipe Pembawa
    -
    Edisi
    -
    Subyek
    Info Detil Spesifik
    -
    Pernyataan Tanggungjawab
  • BKKBN mengembangkan program Bina Keluarga Remaja(BKR) yang bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan keterampilan orang tua dalam tumbuh kembang anak remaja. Penelitian ini membahas mengenai “Pelaksanaan Program Bina Keluarga Remaja Star”. Penelitian ini dilatarbelakangi upaya mencegah kenakalan remaja terjadi pada remaja yang berada di RW 10 Kecamatan Cicendo, Kota Bandung. Pelaksanaan program Bina Keluarga Remaja terdiri dari penyuluhan mengenai berbagai permasalahan-permasalahan terkait dengan remaja. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan program Bina Keluarga Remaja Star di Kecamatan Cicendo, Kelurahan Pasirkaliki, Kota Bandung. Tahapan pelaksanaan program Bina Keluarga Remaja terdiri dari 3 tahap yaitu; 1) tahap perencanaan, 2) tahap pelaksanaan, 3) tahap monitoring dan evaluasi. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif dan metode observasi non-partisipan, sehingga informasi yang didapatkan menggambarkan keadaan secara detail dan mendalam serta bersifat komprehensif. Informan pada penelitian ialah orang tua remaja yang menjadi peserta program. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara kepada informan yang mengetahui dan terlibat di setiap pelaksanaan program Bina Keluarga Remaja Star. Hasil penelitian menunjukan bahwa dalam pelaksanaan program Bina Keluarga Remaja Star terdapat upaya untuk mencegah kenakalan remaja di RW 10 Kecamatan Cicendo yaitu dengan mengadakan penyuluhan setiap bulannya terkait dengan permasalahanpermasalahan yang dihadapi remaja. Pada tahap perencanaan dimulai dengan sosialisasi, persiapan materi, persiapan SDM, persiapan sarana dan prasana kepada peserta BKR. Pada tahap pelaksanaan dilakukan 11 penyuluhan, di antaranya: program kependudukan, 8 fungsi keluarga, Pendewasaan Usia Perkawinan (PUP), seksualitas, NAPZA, HIV&AIDS, keterampilan hidup, ketahanan keluarga berwawasan gender, peran orangtua dalam tumbuh kembang remaja, kebersihan dan kesehatan diri remaja, dan tumbuh kembang remaja. Tahap monitoring dilakukan oleh BPPKB yang melaksanakan kunjungan ke lokasi penyuluhan untuk melihat kegiatan yang sedang berjalan. Tahap Evaluasi dilakukan oleh kepengurusan BKR dengan mengadakan rapat evaluasi akhir tahun yang kemudian hasil dari rapat tersebut diserahkan ke pihak BPPKB untuk dilakukan evaluasi kembali oleh BPPKB. . Pada penelitian ini terdapat Plan of Treatment yang dibuat oleh peneliti tertuang dalam sebuah bentuk pelatihan dengan tujuan meningkatkan peran, fungsi kader, motivasi, serta keterampilan bagi kader BKR. Kata kunci : Pelaksanaan Program, Penyuluhan, Kader BKR, Kenakalan Remaja.
  • Tidak tersedia versi lain

  • Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.


Informasi