Skripsi
Kinerja Pengelolaan Sampah oleh Perusahaan Daerah Kebersihan Kota Bandung
Penelitian ini berjudul “Kinerja Pengelolaan Sampah oleh Perusahaan Daerah Kebersihan Kota Bandung”. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh ...
-
Code CallNo Lokasi Ketersediaan 170110110111 351 WIJ 22/2015 Perpustakaan Fisip Unpad Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan -
Perpustakaan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu PolitikJudul Seri -No. Panggil 351 WIJ 22/2015Penerbit Bandng : FISIP Unpad., 2015 Deskripsi Fisik -Bahasa IndonesiaISBN/ISSN -Klasifikasi 351 WIJ 22/2015Tipe Isi -Tipe Media -Tipe Pembawa -Edisi -Subyek Info Detil Spesifik -Pernyataan Tanggungjawab Wiji Mutia Hardianti -
Penelitian ini berjudul “Kinerja Pengelolaan Sampah oleh Perusahaan Daerah Kebersihan Kota Bandung”. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena bahwa PD Kebersihan sebagai satu-satunya lembaga yang berwenang dalam mengelola sampah di Kota Bandung, dituntut untuk memberikan sumbangsih pemasukan kepada kas daerah dan menyelenggarakan pelayanan pengelolaan sampah kepada masyarakat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana kinerja Perusahaan Daerah Kebersihan Kota Bandung dalam mengelola sampah di Kota Bandung. Penelitian ini menggunakan landasan teori pengukuran kinerja dengan kerangka Balanced Scorecard yang dikemukakan oleh Robert Kaplan dan David P. Norton (1996) dengan empat perspektif yaitu Perspektif Pembelajaran dan Pertumbuhan, Perspektif Proses Bisnis Internal, Perspektif Pelanggan, dan Perspektif Keuangan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif dimana data diperoleh dengan studi kepustakaan dan studi lapangan melalui observasi dan wawancara. Pemeriksaan keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan teknik triangulasi sumber, kemudian data dianalisis dengan menggunakan teknik codding. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam perspektif pertumbuhan dan pembelajaran, PD Kebersihan telah melakukan upaya dalam meningkatkan keahlian dan kesejahteraan pegawai, namun masih terdapat kekurangan dalam hal infrastruktur. Pada perspektif proses bisnis internal, proses inovasi telah dilakukan dengan memperbaharui peraturan perundang-undangan, perjanjian kerjasama, dan proses penagihan. Sedangkan untuk hasil kerja proses operasional telah menunjukkan hasil yang baik. Selanjutnya untuk perspektif pelanggan, PD Kebersihan telah berupaya untuk meningkatkan partisipasi masyarakat, namun dari segi masyarakat sendiri belum memiliki kesadaran baik dalam mengelola sampahnya sendiri maupun untuk membayar retribusi. Kemudian dalam perspektif keuangan, pendapatan masih sangat kecil dibandingkan dengan realisasi pengeluaran, sehingga PD Kebersihan masih sangat bergantung pada subsidi. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa kinerja pengelolaan sampah oleh Perusahaan Daerah Kebersihan belum optimal, yang terlihat pada perspektif pelanggan dan perspektif keuangan. Meskipun sudah tidak layak di posisikan sebagai perusahaan daerah, namun pada kenyataannya Perusahaan Daerah Kebersihan masih dapat berjalan dan betahan selama bertahun-tahun karena adanya dukungan dari berbagai pihak. Kata kunci: Kinerja Organisasi, Perusahaan Daerah Kebersihan Kota Bandung, Pengelolaan Sampah
-
Tidak tersedia versi lain
-
Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.