Detail Cantuman

No image available for this title

Skripsi  

Sekuritisasi Energi Indonesia Terhadap Impor Minyak Bumi Dari Singapura


Herru Muhammad Riskie. 170210100113. Sekuritisasi Energi Indonesia Terhadap Impor Minyak Bumi dari Singapura. Hubungan Internasional. Fakultas Ilmu ...

  • CodeCallNoLokasiKetersediaan
    170210100113327 HER 80/2015Perpustakaan Fisip Unpad (2)Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
  • Perpustakaan
    Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
    Judul Seri
    -
    No. Panggil
    327 HER 80/2015
    Penerbit FISIP Unpad : Bandung.,
    Deskripsi Fisik
    -
    Bahasa
    Indonesia
    ISBN/ISSN
    -
    Klasifikasi
    327 HER 80/2015
    Tipe Isi
    -
    Tipe Media
    -
    Tipe Pembawa
    -
    Edisi
    -
    Subyek
    Info Detil Spesifik
    -
    Pernyataan Tanggungjawab
  • Herru Muhammad Riskie. 170210100113. Sekuritisasi Energi Indonesia Terhadap Impor Minyak Bumi dari Singapura. Hubungan Internasional. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. Universitas Padjadjaran. 2015.
    Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah adanya ancaman dan kerentanan terhadap keamanan pasokan minyak bumi Indonesia yang berasal dari Singapura melalui tindakan impor. Ancaman terkait dengan masalah ketersediaan pasokan yang sangat bergantung pada Singapura karena penurunan produksi minyak mentah dan rendahnya kemampuan kilang pengolahan dalam menghasilkan produk. Masalah keandalan dimana Indonesia tidak memiliki cadangan strategis sehingga meningkatkan kerentanan terhadap gangguan pasokan. Masalah keterjangkauan dimana harga yang tinggi membebani anggaran belanja negara karena impor yang bertambah akibat konsumsi yang tinggi. Hal ini membuat Indonesia perlu melakukan tindakan sekuritisasi untuk menghilangkan ancaman dan mengurangi kerentanan pada sektor minyak bumi.
    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya yang dilakukan Indonesia dalam mengamankan pasokan minyak bumi terhadap ancaman yang berasal dari impor Singapura melalui tindakan sekuritisasi. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif-deskriptif. Penelusuran data-data dilakukan melalui dokumentasi dan literatur dari berbagai sumber untuk mendapatkan informasi yang jelas terkait ancaman, kerentanan, dan upaya Indonesia melalui sekuritisasi.
    Hasil penelitian menyimpulkan bahwa melalui tindakan sekuritisasi Indonesia melakukan upaya serius untuk menanggulangi ancaman dan kerentanan yang berasal dari kegiatan impor terutama dari Singapura yang menjadi sumber impor utama produk olahan dan hub perdagangan minyak bumi di regional. Tindakan sekuritisasi yang dilakukan Indonesia tidak serta merta menghilangkan ancaman secara keseluruhan namun dapat mengurangi bahaya dan kerentanan. Hal ini dikarenakan kemampuan Indonesia dalam meningkatkan kapasitas sektor minyak bumi masih rendah sehingga upaya yang dapat dilakukan terbatas. Namun tindakan penanggulangan dilakukan pada semua bagian yang terkait dengan sektor minyak bumi.
    Kata kunci: BBM, Impor, Keamanan Energi, Minyak Bumi, Sekuritisasi
  • Tidak tersedia versi lain

  • Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.


Informasi