Detail Cantuman

No image available for this title

Skripsi  

Etos Kerja Laki-Laki Di Salon Kecantikan


Etos kerja merupakan sebuah pemaknaan aktifitas kerja yang dijalankan manusia untuk memenuhi segala kebutuhan hidupnya, sehingga etos kerja erat ...

  • CodeCallNoLokasiKetersediaan
    170510110075301 EMI 44/2015Perpustakaan Fisip Unpad (4)Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
  • Perpustakaan
    Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
    Judul Seri
    -
    No. Panggil
    301 EMI 44/2015
    Penerbit FISIP Unpad : Bandung.,
    Deskripsi Fisik
    -
    Bahasa
    Indonesia
    ISBN/ISSN
    -
    Klasifikasi
    301 EMI 44/2015
    Tipe Isi
    -
    Tipe Media
    -
    Tipe Pembawa
    -
    Edisi
    -
    Subyek
    Info Detil Spesifik
    -
    Pernyataan Tanggungjawab
  • Etos kerja merupakan sebuah pemaknaan aktifitas kerja yang dijalankan manusia untuk memenuhi segala kebutuhan hidupnya, sehingga etos kerja erat kaitannya dengan kegiatan ekonomi. Sebagai sebuah kegiatan ekonomi, etos kerja dipandang sebagai sesuatu yang tinggi nilainya bagi orang yang menjalankan kerja. Hal inilah yang terjadi pada pegawai laki-laki di Doni Salon dimana pegawai laki-laki di Doni Salon sudah bekerja dalam jangka waktu yang cukup lama yaitu 10 tahun, sehingga mereka juga sudah cukup berhasil digemari oleh kalangan wanita pengguna salon kecantikan yang berkunjung ke Doni Salon. Di sisi lain, perkembangan salon kecantikan sendiri, membuat bekerja sebagai pegawai salon kecantikan bagi masyarakat Indonesia masih kerap diidentikan dengan aktifitas pekerjaan wanita. Penelitian ini hendak mengetahui bagaimana etos kerja pegawai laki-laki di Doni Salon. Etos kerja yang dihayati sebagai sebuah aktifitas ekonomi guna kebutuhan hidup, membawa pandangan bahwa kerja merupakan sesuatu yang tinggi nilainya yang tergambar melalui totalitas dalam kerja. Penghayatan kerja ini tentunya tidak terlepas dari lingkungan kerja yang memberikan pengaruh dalam diri pegawai laki-laki di Doni Salon, sehingga mereka mampu bertahan dalam jangka waktu yang cukup lama untuk bekerja pada pekerjaan yang masih diidentikkan dengan wanita pada masyarakat di lingkungan umumnya.
    Penelitian ini menggunakan metode etnografi dengan pendekatan kualitatif. Penelitian kualitatif dipilih untuk dapat memberikan gambaran situasi maupun proses kerja pegawai laki-laki di Doni Salon. Pengambilan sampel penelitian dilakukan dengan purposive sampling.
    Hasil penelitian yang didapat, menunjukkan bahwa etos kerja pegawai laki-laki di Doni Salon adalah tinggi. Tingginya etos kerja pegawai laki-laki Doni Salon tak ubahnya merupakan wujud penghayatan akan kerja yang dijalankan sebagai sebuah totalitas kerja yang ditunjukkan melalui kerja keras, tanggung jawab, jujur, rajin dan kerjasama. Totalitas kerja yang dijalankan oleh pegawai laki-laki di Doni Salon dimaknai sebagai sebuah aktifitas pemenuhan kebutuhan hidup yang didukung oleh kebutuhan keluarga, yang pada akhirnya membuat kerja mereka digemari oleh pelanggan salon. Tingginya etos kerja pegawai laki-laki di Doni Salon, dipengaruhi oleh faktor budaya yang hidup di lingkungan kerjanya yang memiliki pemaknaan yang sama akan kerja yang dijalankan, sebagai sebuah kebutuhan hidup.
    Kata Kunci : Etos kerja, Laki-laki, Salon kecantikan, Doni Salon
  • Tidak tersedia versi lain

  • Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.


Informasi