Detail Cantuman

Image of Perbedaan Ambang Rangsang Kecap Manis dan Asin pada Lansia dan Dewasa Muda

Skripsi  

Perbedaan Ambang Rangsang Kecap Manis dan Asin pada Lansia dan Dewasa Muda


Penuaan merupakan proses fisiologis yang dialami makhluk hidup yang menyebabkan penurunan fungsional organ tubuh. Salah satu fungsi organ yang ...

  • CodeCallNoLokasiKetersediaan
    Faal1-454454 611 Rach PJatinangor (Faal)Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
  • Perpustakaan
    Fakultas Kedokteran Gigi
    Judul Seri
    -
    No. Panggil
    611 Rach P
    Penerbit FKG Unpad : .,
    Deskripsi Fisik
    xiv, 60 hlm; Ilus; 20,1 x 30Cm; Hardcover
    Bahasa
    Indonesia
    ISBN/ISSN
    160110120002
    Klasifikasi
    Faal
    Tipe Isi
    -
    Tipe Media
    -
    Tipe Pembawa
    -
    Edisi
    -
    Subyek
    Info Detil Spesifik
    -
    Pernyataan Tanggungjawab
  • Penuaan merupakan proses fisiologis yang dialami makhluk hidup yang menyebabkan penurunan fungsional organ tubuh. Salah satu fungsi organ yang mengalami penurunan pada lansia yaitu organ pengecap yang memengaruhi sensitivitas pengecap seseorang. Indikator sensitivitas pengecap dapat digambarkan melalui nilai ambang kecap manis dan asin. Tujuan dari penelitian ini adalah memperoleh data mengenai perbedaan nilai ambang rangsang kecap manis dan asin pada lansia dan dewasa muda.
    Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif, pengambilan sampel menggunakan teknik random sampling. Subjek penelitian kelompok lansia berjumlah 41 orang dan kelompok dewasa muda berjumlah 41 orang. Ambang kecap manis diukur dengan menggunakan larutan sukrosa dengan berbagai konsentrasi dan ambang kecap asin dengan larutan NaCl dengan berbagai konsentrasi. Uji normalitas data dianalisis menggunakan uji Saphiro-Wilk sedangkan uji beda menggunakan uji Mann-Whitney.
    Hasil penelitian menunjukkan bahwa kelompok lansia memiliki nilai ambang kecap manis dan asin lebih tinggi daripada kelompok dewasa muda ( p-value < 0.05 ). Nilai rata-rata ambang kecap manis dan asin 0.132 M dan 0.096 M pada lansia, sedangkan pada dewasa muda nilai rata-rata ambang kecap manis dan asin yaitu 0.079 M dan 0.074 M.
    Simpulan dari penelitian ini yaitu terdapat perbedaan ambang kecap manis dan asin pada kelompok lansia dibandingkan dengan kelompok dewasa muda.
  • Tidak tersedia versi lain

  • Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.


Informasi