Detail Cantuman

Image of Hubungan Tingkat Keasaman (pH) Saliva terhadap Angka Kejadian Karies pada Wanita Perokok

Skripsi  

Hubungan Tingkat Keasaman (pH) Saliva terhadap Angka Kejadian Karies pada Wanita Perokok


Rokok mempunyai efek buruk terhadap kesehatan tubuh dan rongga mulut. Merokok menyebabkan penurunan tingkat keasaman (pH) saliva sehingga mempermudah ...

  • CodeCallNoLokasiKetersediaan
    IKG1-4605/1484605 617.63 Mel HJatinangor (Konservasi)Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
  • Perpustakaan
    Fakultas Kedokteran Gigi
    Judul Seri
    -
    No. Panggil
    617.63 Mel H
    Penerbit FKG Unpad : Bandung, Indonesia.,
    Deskripsi Fisik
    xiii, 72 hlm; ilus; 21x29 cm
    Bahasa
    Indonesia
    ISBN/ISSN
    160110140036
    Klasifikasi
    617.63
    Tipe Isi
    -
    Tipe Media
    -
    Tipe Pembawa
    -
    Edisi
    -
    Subyek
    Info Detil Spesifik
    -
    Pernyataan Tanggungjawab
  • Rokok mempunyai efek buruk terhadap kesehatan tubuh dan rongga mulut. Merokok menyebabkan penurunan tingkat keasaman (pH) saliva sehingga mempermudah terjadinya karies. Data pH saliva wanita perokok di Indonesia belum tersedia dan belum diketahui hubungannya dengan angka kejadian karies, sementara prevalensi perokok wanita terus meningkat. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan pH saliva terhadap angka kejadian karies pada wanita perokok.
    Jenis penelitian ini deskriptif analitik korelatif. Penelitian terdiri dari 38 responden wanita perokok yang didapat secara purposed sampling. Kriteria responden adalah wanita perokok usia 19-23 tahun yang merupakan mahasiswi Universitas Padjadjaran. Pengambilan saliva dilakukan dengan metode spitting tanpa stimulasi. Pemeriksaan angka kejadian karies gigi dilakukan secara visual dan sondasi. Keasaman saliva diukur menggunakan pH meter digital merk ATC ketelitian 0,01, sedangkan angka kejadian karies dihitung berdasarkan indeks DMF-T WHO. Data di analisis dengan uji korelasi Pearson.
    Hasil penelitian menunjukkan pH saliva wanita perokok adalah asam, angka kejadian karies termasuk kategori tinggi. Hasil uji korelasi Pearson menunjukkan adanya korelasi yang kuat dan berbanding terbalik.
    Kesimpulan penelitian ini adalah terdapat hubungan yang kuat antara tingkat keasaman (pH) saliva terhadap angka kejadian karies pada wanita perokok. Semakin rendah pH saliva maka angka kejadian karies semakin tinggi.
  • Tidak tersedia versi lain

  • Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.


Informasi