Detail Cantuman

Image of PERBEDAAN KEPARAHAN TRAUMA MANDIBULA PADA PENGENDARA SEPEDA MOTOR PENGGUNA HELM HALF FACE DAN TANPA PENGGUNAAN HELM BERDASARKAN MANDIBLE INJURY SEVERITY SCORE (MISS)

Thesis  

PERBEDAAN KEPARAHAN TRAUMA MANDIBULA PADA PENGENDARA SEPEDA MOTOR PENGGUNA HELM HALF FACE DAN TANPA PENGGUNAAN HELM BERDASARKAN MANDIBLE INJURY SEVERITY SCORE (MISS)


PERBEDAAN KEPARAHAN TRAUMA MANDIBULA PADA
PENGENDARA SEPEDA MOTOR PENGGUNA HELM HALF FACE
DAN TANPA PENGGUNAAN HELM BERDASARKAN ...

  • CodeCallNoLokasiKetersediaan
    TH-843843 617.605 Sya PSekeloa (Bedah Mulut)Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
  • Perpustakaan
    Fakultas Kedokteran Gigi
    Judul Seri
    -
    No. Panggil
    617.605 Sya P
    Penerbit PPDGS Bedah Mulut FKG Unpad : FKG UNPAD SEKELOA.,
    Deskripsi Fisik
    xiv, 76 hlm; ilus; 21x30cm
    Bahasa
    Indonesia
    ISBN/ISSN
    160121160003
    Klasifikasi
    617.605
    Tipe Isi
    -
    Tipe Media
    -
    Tipe Pembawa
    -
    Edisi
    -
    Subyek
    Info Detil Spesifik
    -
    Pernyataan Tanggungjawab
  • PERBEDAAN KEPARAHAN TRAUMA MANDIBULA PADA
    PENGENDARA SEPEDA MOTOR PENGGUNA HELM HALF FACE
    DAN TANPA PENGGUNAAN HELM BERDASARKAN MANDIBLE
    INJURY SEVERITY SCORE (MISS)
    ABSTRAK
    Latar Belakang
    Tingginya persentase penggunaan helm half face menempatkan mandibula
    pada resiko fraktur yang tinggi saat kecelakaan sepeda motor. Bentuk anatomis dan
    posisi mandibula menjadiknya lebih sering mengalami fraktur. Tujuan penelitian
    ini untuk melihat perbandingan keparahan trauma mandibula pada penegendara
    sepeda motor pengguna helm half face dan tanpa penggunaan helm berdasarkan
    Mandible Injury Severity Score (MISS).
    Metode
    Penelitian ini merupakan penelitian prospektif cross-sectional pada 60
    subjek penelitian di Unit Gawat Darurat RS Hasan Sadikin Bandung antara bulan
    Juli 2019 – February 2020. Data dianalisis dengan uji mann whitney, untuk melihat
    keparah trauma mandibula pada penggunaan helm half face dan tanpa penggunaan
    helm berdasarkan MISS.
    Hasil
    Dari 60 subjek kecelakaan dengan sepedamotor 58,3% berusia < 25 tahun,
    jumlah pengguna helm half face sebanyak 38 (63,3%) dan tidak menggunakan helm
    22 (36,7%) pasien dan 60 % adalah kecelakaan tunggal. 83,3% pasien merupakan
    pegendara dan 11,7% adalah penumpang. Lokasi fraktur terbanyak pada
    parasimphisis, korpus, kondilus, simphisis dan subkondilus. Sebanyak 48,3%
    pasien mengalami maloklusi, 56,6% displacement ringan dan 43,3% displacement
    sedang. Rata-rata skor MISS pada pengguna helm half face 5,71 dan berbanding
    7,45 pada non-helm. Berdasarkan hasil pengujian mann whitney nilai MISS
    (p=0,199>0,05) tidak berbeda secara signifikan.
    Kesimpulan
    Pengendara yang menggunakan helm half face dan tidak menggunakan
    helm memiliki reisiko trauma mandibular yang tidak berbeda secara statistik (p >
    0,05) berdasarkan Mandible Injury Severity Score (MISS). Helm half face tidak
    memeberikan perlindungan terhadap mandibula, karena hanya mencegah cedera
    bagian tengah dan atas, namun tidak mencegah cedera wajah bagian bawah.
    Pengguna sepeda motor sebaiknya menggunakan helm full face untuk mencegah
    fraktur mandibular saat terjadinya kecelakan lalulintas.
    Kata kunci : MISS, trauma mandibula, helm half face, kecelakan laulintas
  • Tidak tersedia versi lain

  • Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.


Informasi