Text
Pola Saluran dan Biaya Pemasaran Ayam Broiler pada Rinjani Poultry Shop Ciamis
Penelitian dilaksanakan di Rinjani Poultry Shop Ciamis mulai tanggal 15 Maret 2017 sampai dengan 14 April 2017. Penelitian bertujuan untuk mengetahui ...
-
Code CallNo Lokasi Ketersediaan SKR000335 Skr.5648 Perpustakaan Fakultas Peternakan Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan -
Perpustakaan Fakultas PeternakanJudul Seri -No. Panggil Skr.5648Penerbit Fakultas Peternakan Universitas Padjadjaran : Sumedang., 2017 Deskripsi Fisik xiv, 59 hlm.: ilus.; 29 cm.Bahasa IndonesiaISBN/ISSN -Klasifikasi 658.83Tipe Isi -Tipe Media -Tipe Pembawa -Edisi -Subyek Info Detil Spesifik -Pernyataan Tanggungjawab Resnita Yunishara -
Penelitian dilaksanakan di Rinjani Poultry Shop Ciamis mulai tanggal 15 Maret 2017 sampai dengan 14 April 2017. Penelitian bertujuan untuk mengetahui pola saluran pemasaran, menghitung besar biaya yang diterima oleh masing-masing lembaga pemasaran dan menghitung besar resiko yang timbul dari distribusi fisik yang ditanggung oleh pedagang pengumpul dan pedagang besar pada pemasaran ayam broiler Rinjani Poultry Shop. Metode penelitian yang digunakan adalah sensus. Data diperoleh melalui teknik wawancara kepada lembaga pemasaran (perusahaan, pedagang pengumpul, pedagang besar, pedagang pengecer dan konsumen akhir) dan dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pola saluran pemasaran ayam broiler di Rinjani Poultry Shop terdiri dari pola saluran tingkat satu yaitu saluran pemasaran pertama, dan pola saluran tingkat dua yang terdiri dari saluran pemasaran dua dan saluran pemasaran tiga. Besar persentase margin pemasaran pada setiap saluran berbeda-beda. Biaya pemasaran pada saluran satu, dua dan tiga adalah sebesar Rp 2.540, Rp 3.395 dan Rp 2.700. Resiko yang timbul dalam distribusi fisik selama satu bulan yang ditanggung oleh pedagang pengumpul adalah sebesar Rp 1.682 per kg atau 9%, sedangkan untuk pedagang besar adalah Rp 784 per kg atau 4,41%.
Kata Kunci: Ayam Broiler, saluran pemasaran, biaya pemasaran, resiko distribusi.
-
Tidak tersedia versi lain
-
Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.