Detail Cantuman

No image available for this title

Text  

[TESIS] Rancangan Intervensi Work Value Development Course Untuk Mengembangkan Work Value Pada Siswa Kelas XII Jurusan TKJ di SMK 'X' Jatinangor


ABSTRAK
Judul: Rancangan Intervensi Work Value Development Course untukMengembangkan Work Value pada Siswa Kelas XII Jurusan TKJ di SMK‘X’ ...

  • CodeCallNoLokasiKetersediaan
    19042020T0717T0717 Fad rPerpustakaan Fakultas Psikologi UNPAD (-)Tersedia
  • Perpustakaan
    Fakultas Psikologi
    Judul Seri
    -
    No. Panggil
    T0717 Fad r
    Penerbit Fakultas Psikologi UNPAD : Jatinangor.,
    Deskripsi Fisik
    vi., 191 hlm.: ill.; 30 cm.
    Bahasa
    Indonesia
    ISBN/ISSN
    190420160045
    Klasifikasi
    T0717 Fad r
    Tipe Isi
    -
    Tipe Media
    -
    Tipe Pembawa
    -
    Edisi
    -
    Subyek
    Info Detil Spesifik
    TESIS
    Pernyataan Tanggungjawab
  • ABSTRAK
    Judul: Rancangan Intervensi Work Value Development Course untukMengembangkan Work Value pada Siswa Kelas XII Jurusan TKJ di SMK‘X’ Jatinangor. 2020.

    SMK adalah sekolah menengah kejuruan yang bertujuan mempersiapkan peserta didik untuk bekerja dalam bidang tertentu. Begitupun tujuan dari SMK ‗X‘ Jatinangor, sekolah berharap bisa membantu siswa-siswanya untuk memenuhi tahap perkembangan karier mereka. Work value adalah salah satu hal yang penting dalam perkembangan karier siswa agar mereka dapat mengenali apa kebutuhan yang dimiliki dirinya dan bisa memilih aktivitas atau tugas yang sesuai dengan kebutuhan yang dimiliki dirinya.

    Tujuan dari penelitian ini adalah menyusun rancangan intervensi Work Value Development Course untuk membantu siswa dalam mengembangkan gambaran work value yang dimiliki, sehingga nantinya dapat mendukung pemenuhan tahapan perkembangan karier mereka. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XII jurusan Teknik Komputer Jaringan (TKJ). Alat ukur yang digunakan adalah kuesioner yang diadaptasi dari Work Value Inventory (Super, 1970) untuk mengukur 15 dimensi work value melalui 43 item pernyataan.
    Data hasil kuesioner kemudian dianalisis menggunakan metode second-order Confirmatory Factor Analysis (CFA). Hasil analisis kebutuhan menunjukkan bahwa terdapat 6 dimensi work values yang dimiliki siswa kelas XII SMK jurusan TKJ yang berada pada kategori rendah.

    Dari hasil analisis kebutuhan kemudian disusun rancangan Work Value Development Course yang berisi 11 minggu rangkaian kegiatan yang intinya bertujuan untuk membantu siswa mengidentifikasi Work Value yang dimiliki. Rancangan kemudian dievaluasi oleh 5 orang ahli sebagai panelis dalam diskusi panel dengan mengacu kepada Criteria for Evaluating Treatment Guideline (APA, 2002). Dari hasil evaluasi diketahui bahwa penilaian panelis pada diskusi panel menghasilkan skor yang tinggi atas kesesuaian dan kemungkinan pengaplikasian rancangan untuk siswa kelas XII jurusan TKJ di SMK ‗X‘ Jatinangor. Para panelis memberikan saran perbaikan pada bagian tujuan rancangan intervensi.
    Rancangan intervensi ditujukan agar siswa kelas XII jurusan TKJ tak hanya mengembangkan 6 dimensi work value yang rendah, tetapi juga bisa mengidentifikasi profil work value yang dimiliki.

    Kata Kunci: SMK, Work Value Development Course.
  • Tidak tersedia versi lain

  • Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.


Informasi