Text
[SKRIPSI] GAMBARAN STUDENT ENGAGEMENT MAHASISWA FAKULTAS PSIKOLOGI UNIVERSITAS PADJADJARAN PADA MASA PEMBELAJARAN DARING
"Pandemi Covid-19 membuat aktivitas pendidikan berubah drastis di seluruh
daerah. Pemerintah telah membuat kebijakan untuk seluruh masyarakat ...
-
Code CallNo Lokasi Ketersediaan 19012022S3638 S3638 Afr g Perpustakaan Fakultas Psikologi UNPAD (Rak Skripsi) Tersedia -
Perpustakaan Fakultas PsikologiJudul Seri -No. Panggil S3638 Afr gPenerbit Fakultas Psikologi UNPAD : Jatinangor., 2022 Deskripsi Fisik xiv., 174 hlm.: ill.; 30 cm.Bahasa IndonesiaISBN/ISSN 190110180023Klasifikasi S3638 Afr gTipe Isi -Tipe Media -Tipe Pembawa -Edisi -Subyek Info Detil Spesifik SKRPSIPernyataan Tanggungjawab AFRILIANI DWI HARTATI -
"Pandemi Covid-19 membuat aktivitas pendidikan berubah drastis di seluruh
daerah. Pemerintah telah membuat kebijakan untuk seluruh masyarakat agar
melakukan pekerjaan dan pembelajaran dari rumah dengan menggunakan metode
daring. Pembelajaran yang dilakukan secara daring mengubah cara mahasiswa
untuk terlibat dalam aktivitas pembelajaran. Penelitian ini dilakukan untuk
mengetahui gambaran student engagement mahasiswa Fakultas Psikologi
Universitas Padjadjaran pada masa pembelajaran daring. Desain yang digunakan
dalam penelitian ini adalah non-eksperimental dengan pendekatan metode analisis
deskriptif kuantitatif. Subjek penelitian adalah mahasiswa tingkat satu hingga
tingkat empat Program Sarjana Psikologi Universitas Padjadjaran yang berjumlah
94 orang (tingkat satu = 26.6%, tingkat dua = 20.2%, tingkat tiga = 25.5%, dan
tingkat empat = 27.7%), yang didapatkan dengan menggunakan metode stratified
random sampling. Alat ukur yang digunakan adalah Student Engagement
Questionnaire (SEQ) Online yang berjumlah tiga puluh satu item. Hasil penelitian
ini menunjukkan bahwa mahasiswa Program Sarjana Psikologi Unpad memiliki
tingkat keterlibatan yang berbeda-beda pada setiap dimensi SEQ online. Mahasiswa
dalam penelitian ini menunjukkan keterlibatan tinggi pada dimensi online
engagement, online active learning, online teaching, online social interaction,
online collaboration, dan online contact with staff; namun kurang menunjukkan
keterlibatan pada dimensi online academic relevance. Hasil penelitian juga
menunjukkan bahwa faktor demografi memengaruhi tingkat keterlibatan
mahasiswa pada masing-masing dimensi SEQ online dalam pembelajaran daring,
di antaranya angkatan, jenis kelamin, asal daerah, fasilitas belajar, kelompok
belajar, dan sosial ekonomi status."
-
Tidak tersedia versi lain
-
Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.