Detail Cantuman

Image of PEMAKNAAN PENDIDIKAN SALAFIYAH BAGI KEPALA KELUARGA KOTA TASIKMALAYA

Text  

PEMAKNAAN PENDIDIKAN SALAFIYAH BAGI KEPALA KELUARGA KOTA TASIKMALAYA


Luluatu Nayiroh, 210120140010. Program Magister Ilmu Komunikasi,
Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Padjadjaran. Penelitian ini berjudul ...

  • CodeCallNoLokasiKetersediaan
    010030008126302.2 Lul p/R.21.54.1Perpustakaan Pusat (REF.21.54.1)Tersedia
  • Perpustakaan
    Perpustakaan Pusat
    Judul Seri
    -
    No. Panggil
    302.2 Lul p/R.21.54.1
    Penerbit Magister Ilmu Komunikasi : Bandung.,
    Deskripsi Fisik
    xiv, 208 hlm. ; il. ; 29 cm.
    Bahasa
    Indonesia
    ISBN/ISSN
    -
    Klasifikasi
    302.2 Lul p
    Tipe Isi
    -
    Tipe Media
    -
    Tipe Pembawa
    -
    Edisi
    -
    Subyek
    -
    Info Detil Spesifik
    -
    Pernyataan Tanggungjawab
  • Luluatu Nayiroh, 210120140010. Program Magister Ilmu Komunikasi,
    Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Padjadjaran. Penelitian ini berjudul
    "Pemaknaan Pendidikan Salafiyah bagi Kepala Keluarga Tasikmalaya, sebuah
    Studi Fenomenologi tentang Makna dan Pengalaman Komunikasi Kepala
    Keluarga dalam Mendidik Anak Menempuh pendidikan Pesantren Salafiyah"
    dengan pembimbing Dr. Suwandi Sumartias, M.Si, selaku komisi Pembimbing
    dan Dr. Evie Ariadne Shinta Dewi, M.Pd, selalu anggota komisi Pembimbing.

    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kepala keluarga
    memaknai pendidikan salafiyah berdasarkan pada pengalamannya sehingga
    melahirkan motif dan pengalaman komunikasi dalam mendidik anak untuk
    menempuh pendidikan pesantren salafiyah. Pendekatan yang digunakan dalam
    penelitian ini adalah kualitatif dengan studi fenomenologi. Subjek penelitian
    adalah kepala keluarga yang berdomisili di Kota Tasikmalaya. Subjek dipilih
    secara purposive sampling (sampel bertujuan) dengan jumlah 5 orang (Kepala
    Keluarga). Data penelitian diperoleh melalui wawancara mendalam, observasi,
    dokumentasi, studi pustaka. Adapun teknis analisis dengan mereduksi data,
    mengumpulkan data, menyajikan data, menarik kesimpulan, dan evaluasi.

    Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Motif kepala keluarga dalam
    mendidik anak terdiri dari motif lingkungan, motif latar belakang orang tua, dan
    motif ekspektasi orang tua, 2) Pengalaman komunikasi kepala keluarga dalam
    mendidik anak menempuh pendidikan salafiyah melibatkan unsur peran
    komunikasi kepala keluarga dengan istri dan anak dalam proses mendidik,
    pengambilan keputusan, serta hambatan-hambatan dalam mendidik anak.
    Informan secara subjektif mengadopsi nilai-nilai yang mereka peroleh dari hasil
    interaksi mereka dengan lingkungannya kemudia melegitimasi nilai-nilai tersebut
    sebagai realitas obyektif dan menurunkannya kepada anak-anak mereka untuk
    harus menempuh pendidikan salafiyah, 3) Para kepala keluarga memaknai
    pendidikan salafiyah terbentuk dari proses ekstemalisasi yang dialami kepala
    keluarga dengan lingkungan keluarga pesantren.
  • Tidak tersedia versi lain

  • Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.


Informasi